KPU Situbondo Beserta Jajaran Lakukan Rapid Tes dan Swab

Ketua KPU Kabupaten Situbondo, Marwoto saat menjalani swab test. Senin (30/11/2020) (Foto Diana Arista).

KBRN, Situbondo : Anggota Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, beserta seluruh pegawai Sekretariat KPU,  menjalani tes usap atau swab test.

Ketua KPU Kabupaten Situbondo Marwoto mengaku, hasil swab test akan diumumkan pada Rabu, 2 Desember 2020, bersamaan dengan hasil rapid tes 12 ribu lebih petugas jajaran ad hoc.

"Hasilnya besok kita umumkan, karena pihak rumah sakit akan memberikan hasilnya nanti malam kepada kami," ujar Marwoto, kepada RRI, Selasa (1/12/2020).

Marwoto mengemukakan, swab test merupakan kewajiban KPU sebagai penyelenggara, guna memastikan bahwa penyelengara aman dari COVID-19.

"Swab test bagi anggota dan semua pegawai KPU untuk memastikan bahwa kami tidak terpapar Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)," tegas Marwoto.

Sedangkan bagi sekitar 12 ribu jajaran ad hoc KPU seperti PPK, PPS dan KPPS, cukup dilakukan rapid tes.

"Kalau KPU dan pegawai sekretariat mobilitasnya sangat tinggi, dan bertemu banyak orang. Makanya harus swab," bebernya.

Jika swab test menunjukkan hasil positif maka petunjuknya harus dikarantina. Dan jika hasil rapid tes menunjukkan reaktif, maka mereka akan menerapkan work from home atau bekerja dari rumah.

"Petunjuk tim kesehatan istirahat dan bekerja dari rumah. Sedangkan anggota dan pegawai sekretariat KPU yang hasil swab test positif, petunjuknya karantina," ungkapnya.

Data dihimpun RRI, penyelenggara tingkat PPK, PPS dan KPPS yang menjalani tes usap sebanyak 12.697 orang, dengan rincian 136 orang PPK tersebar di 17 kecamatan, 816 PPS tersebar di 136 desa/kelurahan, dan 11.745 orang KPPS ditambah Linmas di 1.305 TPS.

Pilkada Situbondo diikuti oleh dua pasangan calon yakni Karna Suswandi - Ny. Hj. Khoirani dengan nomor urut 01, dan Yoyok Mulyadi-Abu Bakar Abdi nomor urut 02. (din/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00