Antisipasi Kerawanan Pilkada, Polresta Banyuwangi Simulasikan Sispam Kota

KBRN, Banyuwangi : Antisipasi terjadinya konflik selama pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020, Polresta Banyuwangi melakukan simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispam Kota), di depan Pendopo Bupati Sabha Swagata Blambangan, Rabu (16/9/2020).

Dalam simulasi yang melibatkan ratusan personil gabungan TNI - Polri dan beberapa Instansi Pemerintah tersebut, mensulasikan berbagai tahapan pemilu mulai dari masa kampanye, pemungutan suara, hingga pasca penetapan calon, dengan antisipasi kerawanan yang sudah dipetakan oleh pihak keamanan.

Kegiatan simulasi tersebut dihadiri langsung oleh Wakapolda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin, Kapolres Bondowoso AKBP Erick Frendriz, Kapolres Jember AKBP Aris Supriyono dan Kodim setempat.

Wakapolda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo, Rabu (16/9/2020) mengatakan, simulasi sispamkota merupakan langkah antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya kerawanan saat Pilkada, sehingga perlu langkah - langkah strategis untuk memastikan kelancaran pelaksanaan Pilkada.

"Setiap Polres tentunya sudah melakukan pemetaan kerawanan, dan saya berharap kondusifitas yang selama ini terjadi di Banyuwangi, bisa terus dipertahankan," ungkap Wakapolda Brigjen Slamet Hadi.

Selian memastikan keamanan selama tahapan Pilkada, dimasa pandemi Covid-19, setiap tahapan juga harus memperhatikan protokol kesehatan, sebagai langkah antisipasi dan memutus mata rantai penyebaran  Covid-19.

"Mulai dari tahap kampanye, hari tenang, saat pemilihan hingga pasca pemilihan, harus mengedepankan protokol kesehatan, karena Pilkada tahun ini beda dengan Pilkada sebelumnya," tambah Brigjen Slamet Hadi Supraptoyo, yang pernah menjabat sebagai Kapolres Banyuwangi 2010 tersebut.

Sementara itu Kapolresta Banyuwangi Arman Asmara Syarifudin mengatakan, untuk menjaga keamanan selama tahapan Pilkada, Polresta sudah menyebar beberapa personilnya dibeberapa titik mulai dari kantor KPU, Bawaslu, hingga pengamanan melekat pada pasangan calon pasca ditetapkan KPU.

"untuk saat ini kami sudah menyebar beberapa personil, dan saat pelaksanaan nanti akan ada tambahan personil yang kita tugaskan berserta personil bantuan Brimob Polda Jatim," ungkap Kombes Arman Asmara, Rabu (16/9/2020).

Sebagai informasi pada Pemilukada yang akan diselenggarakan pada 9 Desember mendatang, KPU Banyuwangi sudah menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang mencapai 1.309.893 pemilih, yang tersebar di 25 Kecamatan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00