Karna Suswandi - Khoirani Naik Bendi Mendaftar ke KPU

Karna Suswandi - Khoirani naik bendi menuju Kantor KPU. Minggu (6/9/2020) (Foto Diana Arista).

KBRN, Situbondo : Iring-iringan ratusan sepeda motor mengiringi proses pendaftaran pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati, Karna Suswandi - Hj.Khoirani, Minggu (6/9/2020).

Pasangan yang diusung delapan parpol termasuk parpol non parlemen ini, menaiki bendi yang dihias apik. Lantunan shalawat dan gema takbir mengiringi arak-arakan menuju kantor KPU.

Sesampainya di pintu gerbang kantor KPU, petugas kepolisian membatasi jumlah pendamping yang diperbolehkan masuk ke tempat pendaftaran yang berada di halaman KPU.

"Kita memang menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat, karena masih pandemi COVID-19," ujar Ketua KPU Situbondo, Marwoto.

Marwoto mengemukakan, sebelum masuk ke ruang pendaftaran, pasangan bakal calon bupati wakil bupati berikut pendampingnya terlebih dulu mencuci tangan dan dicek suhu tubuh.

"Menggunakan masker atau pelindung wajah juga bagian dari protokol kesehatan yang wajib dilakukan," imbuh Marwoto.

Kata Marwoto, butuh waktu sekitar dua jam untuk melakukan verifikasi berkas persyaratan bakal calon. Jika sudah dinyatakan lengkap, akan diberikan tanda terima sekaligus surat pengantar untuk mengikuti serangkaian tes kesehatan di RS Syaiful Anwar, Malang.

"Sesuai simulasi kami, butuh waktu sekitar dua jam untuk melakukan verifikasi. Yang memakan waktu lama saat meng-upload ke aplikasi pencalonan atau silon," bebernya.

Sementara untuk pemeriksaan kesehatan pasangan bakal calon di Rumah Sakit Syaiful Anwar Malang, akan dimulai pada tanggal 7 September hingga 9 September 2020. Hasil tes kesehatan akan diumumkan pada 12 September 2020.

"Hari pertama akan dilakukan tes usap atau swab test. Hari kedua dilanjutkan dengan pemeriksaan jasmani, dan hari terakhir yaitu pemeriksaan rohani atau psikologi," terang Marwoto.

Pantauan RRI, ada dua pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati yang akan bertarung pada kontestasi pilkada Situbondo, yakni pasangan Karna Suswandi dan Nyai Hj Khoirani (Karunia), yang diusung oleh delapan parpol, diantaranya PPP, PDIP, Gerindra, Demokrat, PAN, PSI, PBB, dan Perindo.

Sementara pasangan petahana yakni Yoyok Mulyadi dengan Abu Bakar Abdi (Mulya-Abadi) diusung oleh empat parpol diantaranya, PKB, PKS, Golkar, dan Nasdem dengan total 21 kursi.

"Informasi yang kami peroleh, pasangan Yoyok Mulyadi - Abu Bakar Abdi nanti siang akan mendaftar. Ini kan hari terakhir pendaftaran," imbuh Marwoto. (din/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00