Hari Pertama Belum Ada Balon yang Mendaftar

Pintu Masuk Kantor KPU Situbondo, Jawa Timur. (Foto Diana Arista).

KBRN, Situbondo : Hari pertama pendaftaran Pemilihan Kepala Daerah 2020 di Kantor KPU Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, belum ada satupun kandidat pasangan calon bupati dan wakil bupati yang mendaftar.

"Hari pertama belum ada pasangan yang mendaftar. Terakhir pendaftaran kan sampai tanggal 6 September 2020, jadi masih ada waktu dua hari lagu," ujar Ketua KPU Kabupaten Situbondo, Marwoto, Jumat (4/9/2020).

Marwoto mengaku jika dalam proses pendaftaran, pihaknya menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Sebelum para pendaftar dan pendamping memasuki ruangan yang telah disediakan, harus diperiksa suhu tubuhnya dan mencuci tangan terlebih dulu.

"Kita sudah siapkan semuanya sesuai dengan standar protokol COVID-19," tegas Marwoto.

Marwoto membeberkan cara untuk mendaftar, yaitu, pasangan bakal calon harus menyerahkan dokumen pencalonan, seperti B1 KWK rekomendasi dari partai politik dan BB1 KWK baik parpol pengusung dan parpol pendukung.

"Dokumen itu nantinya akan dicek kelengkapan lainnya. Jika sudah dinyatakan lengkap, kami memberikan tanda terima dan surat pengantar untuk pemeriksaan kesehatan pada tahap selanjutnya," beber Marwoto.

Sementara ntuk pemeriksaan kesehatan pasangan bakal calon akan dilaksanakan di Rumah Sakit Syaiful Anwar Malang, mulai tanggal 7 September hingga 9 September 2020.

Di hari pertama akan dilakukan tes usap atau swab test. Hari kedua dilanjutkan dengan pemeriksaan jasmani, dan hari terakhir yaitu pemeriksaan rohani atau psikologi.

"Hasil pemeriksaan kesehatan itu, maksimal diterima dan diumumkan oleh KPU, pada tanggal 12 September 2020," katanya.

Pantauan RRI, ada dua pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati yang akan bertarung pada kontestasi pilkada Situbondo, yakni pasangan Karna Suswandi dan Nyai Hj Khoirani (Karunia), dan Yoyok Mulyadi berpasangan dengan Abu Bakar Abdi (Mulya-Abadi). (din/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00