Undang Pimpinan Parpol, KPU Sosialisasi Tahapan Pencalonan

Sosialisasi Tahapan Pencalonan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Situbondo. Jumat (7/8/2020) (Foto Diana Arista).

KBRN, Situbondo : KPU Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mengundang seluruh ketua partai politik untuk menyampaikan sosialisasi tahapan pencalonan pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Situbondo, Jumat (7/8/2020).

Ketua KPU Kabupaten Situbondo, Marwoto mengatakan, KPU ingin mengedukasi pimpinan partai politik terkait beberapa hal yang menjadi persyaratan pencalonan dan persyaratan calon dalam Pilkada yang akan berlangsung pada 9 Desember 2020.

"Kami ingin mempertajam beberapa diskusi kami bersama partai politik terkait Peraturan KPU yang menjadi kompilasi tahapan di 2020. Misal, ketika hasil tes kesehatan dari salah satu rumah sakit keluar, ya itulah hasilnya, gak ada pembanding tes kesehatan dari rumah sakit lainnya," beber Marwoto.

Selain itu, karena di masa pandemi COVID-19, maka bakal calon bupati dan wakil bupati harus dalam kondisi sehat, tidak terpapar virus corona, sebelum menjalani tes kesehatan di rumah sakit yang ditunjuk KPU.

"Sebelum melakukan tes kesehatan, bakal calon ini harus mengantongi surat kesehatan bebas COVID-19," tegas Marwoto.

Sementara untuk pendaftaran calon bupati dan wakil bupati, akan dibuka selama tiga hari, dimulai pada 4 September 2020. Marwoto mengingatkan para pimpinan partai politik agar mempersiapkan semua persyaratan bakal calon yang akan diusungnya.

"Termasuk juga mempersiapkan surat rekomendasi partai politik, karena harus dilampirkan saat pendaftaran, harus dilampirkan, tidak boleh menyusul," terang Marwoto.

Pantauan RRI, hingga berita ini ditulis, baru ada dua pasangan calon yang sudah mendeklarasikan maju pada perhelatan Pilkada serentak ini. Yakni, pasangan petahana, Ir. Yoyok Mulyadi - Abu Bakar Abdi, dan Karna Suswandi - Muhammad Hasan Illiyin. Kedua pasangan itu sama-sama berangkat melalui partai politik. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00