Sidang Pertama Citizen Lawsuit, Tergugat Wakil Bupati Yoyok Mulyadi Tak Hadir

Sidang perdana citizen lawsuit atau gugatan publik yang dilayangkan Narwiyoto, salah satu Tokoh Masyarakat Situbondo. Selasa (19/1/2021) (Foto Diana Arista).

KBRN, Situbondo : Sidang pertama perkara citizen lawsuit yang dilayangkan oleh Narwiyoto, kepada Pemerintah Kabupaten Situbondo, dalam hal ini legislatif dan eksekutif, digelar siang tadi, Selasa (19/1/2021).

Sidang yang hanya berlangsung sekitar 15 menit itu, hanya menentukan Hakim Mediator yang akan melakukan mediasi antara penggugat dan tergugat sebelum pemeriksaan pokok perkara.

"Sidang pertama hanya menentukan Hakim Mediator. Dua minggu ke depan atau 2 Februari 2021, akan dilakukan sidang mediasi," ujar Abdur Rahman, yang hadir mewakili institusi DPRD sebagai tergugat.

Abdur Rahman menyayangkan, ketidakhadiran tergugat ekesekutif, dalam hal ini Wakil Bupati Yoyok Mulyadi, yang mewakilkan kepada Kuasa Hukumnya, Sayonara. 

"Prinsipalnya dalam hal ini Yoyok Mulyadi harus hadir. Karena mau tidak mau DPRD juga hadir sendiri. Kita gak pakai kuasa hukum, kenapa pemda pakai kuasa hukum," bebernya.

Sementara itu, Kuasa Hukum pemerintah daerah, Sayonara mengaku, bahwa kliennya tak perlu hadir karena sidang pertama hanya untuk menunjuk Hakim Mediator saja. 

"Hari ini hanya menunjuk Hakim Mediator dan waktu mediasi saja," ujarnya.

Mediasi harus dilakukan sebelum pemeriksaan pokok perkara. Jika mediasi selesai damai, maka akan dibuat perdamaian yang ditetapkan oleh Majelis Hakim. Namun jika tidak ada kesepakatan dalam mediasi, maka perkara dilanjutkan sampai selesai.

"Undang-undang menyatakan bahwa tidak boleh langsung diperiksa ke pokok perkara. Tapi harus dimediasi dulu. Waktunya hingga 30 hari ke depan," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Majlis Hakim, Putu Bima Indra, menunjuk langsung Hakim Mediator, yakni Anak Agung Putra Wiratjaya, untuk melakukan mediasi antara penggugat dan tergugat I yakni pemkab Situbondo dan tergugat II, DPRD Situbondo. 

"Karena Hakim disini hanya saya dan pak Agung, maka saya menunjuk langsung pak Agung Putra Wiratjaya, SH.MH. sebagai mediator dalam perkara ini. Sidang ditunda sampai ada laporan dari Hakim Mediator terkait hasil mediasi," ujar Hakim Ketua, seraya mengetok palu.

Diinformasikan RRI sebelumnya, warga Situbondo, Narwiyoto, secara resmi melayangkan gugatan publik (citizen lawsuit) ke Pengadilan Negeri setempat, pada 6 Januari 2021.

Gugatan ditujukan kepada pemkab dan DPRD setempat, karena hingga saat ini APBD 2021 belum disahkan. Dengan tidak disahkannya APBD, maka masyarakat Situbondo yang dirugikan, lantaran tidak bisa membangun dan membenahi Situbondo.

Dalam tuntutannya, Narwiyoto meminta legislatif dan eksekutif agar segera mengesahkan APBD 2021, dan meminta maaf kepada masyarakat karena APBD 2021 belum juga disahkan. (din/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00