Sebanyak 4,8 Juta Butir Okerbaya, Shabu hingga Uang Palsu Dimusnahkan Kejari Jember

KBRN,Jember: Kejaksaan Negeri Jember kembali melakukan pemusnahaan barang bukti penanganan perkara pidana yang telah memiliki kekuatan hukum tetap, Rabu (21/10/2020). 

Barang bukti yang dimusnahkan diantaranya 4,8 juta pil dengan nominal mencapai Rp 5 Milyar rupiah dalam kasus penyalahgunaan obat-obatan terlarang atas terdakwa Alisius Sri Mulyo Sudarsono, warga Perumahan Taman Gading, Kelurahan Tegal Besar, Kaliwates, Jember. 

Selain itu terdapat 852 lembar uang palsu pecahaan Rp 100.000 dan Rp 50.000 senilai total 48 juta rupiah dan Shabu dengan berat total 2 ons yang turut dimusnahkan di halaman kantor Kejari setempat.

Kepala Kejaksaan Negeri Jember, Dr. Prima Idwan Mariza, SH., MHum mengatakan pemusnahaan barang bukti okerbaya yang dilakukan merupakan hasil pengungkapaan terbesar yang pernah ditanggani oleh Aparat Penegak Hukum dari jajaran Kepolisian dan Kejaksaan selama kurun waktu beberapa tahun terakhir.

"Untuk tersangka ASM dalam proses persidangan telah kita lakukan penuntutan maksimal ancaman hukuman delapan tahun, putusan pengadilan enam tahun penjara," ujarnya usai memimpin langsung Pemusnahaan Barang Bukti yang juga turut dihadiri jajaran Polres Jember di halaman Kantor Kejari Jember.

Prima menegaskan selama kurun waktu tahun 2020, Kejari Jember telah melaksanakan dua kali pemusnahaan barang bukti,sebelumnya dilakukan pada pertengahan bulan Mei silam.Pemusnahan tersebut merupakan bentuk tanggung jawab kepada publik, sebagai bentuk akuntabilitas kinerja kepada publik.

"Seluruh barang bukti yang dimusnahkan ini salah satunya agar jangan sampai beredar kembali, sepertihalnya barang bukti uang palsu pelimpahaan dari pihak Polda yang hari ini juga kita musnahkan,jangan sampai ini beredar lagi dimasyarakat karena akan sangat membahayakan maka dari itu kita rampas dan musnahkan," tegasnya.

Dari data yang dihimpun RRI, Selain okerbaya dan narkotika jenis shabu serta uang palsu, Dalam kesempatan itu juga dimusnahakan barang bukti sejumlah unit ponsel, media judi bola dan barang bukti tindak pidana lainnya.

Pemusnahaan barang bukti okerbaya dan narkotika  dilakukan dengan mengunakan mesin blander dicampur air, sedangkan untuk barang bukti uang palsu dan barang bukti lainnya dimusnahkan dengan cara dibakar. (gan/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00