Sidang Korupsi Pasar Manggisan: Tiga Terdakwa dijatuhi Hukuman Penjara, Satu Terdakwa Bebas

KBRN,Jember : Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Surabaya, Selasa, (15/10/2020), melanjutkan sidang perkara korupsi proyek revitalisasi Pasar Manggisan,Tanggul. Agenda sidang yakni pembacaan putusan untuk empat orang terdakwa dalam perkara korupsi tersebut.

Tiga orang terdakwa masing-masing Mantan Kadisperindag Pemkab Jember, Anas Makruf, Edi Sandi dan Faris terbukti secara sah dinyatakan bersalah. Sedangkan satu orang yang sebelumnya juga ditetapkan sebagai terdakwa dan telah dilakukan penahanan badan oleh Tim Penyidik Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Jember yakni Sugeng Irawan Widodo alias Dodik, yang merupakan Konsultan Perencana, diputus bebas dari jerat hukum oleh Majelis Hakim Pengadilan Tipikor.

Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Jember, Setyo Adhi Wicaksono mengatakan berdasarkan hasil putusan persidangan yang dibacakan oleh majelis hakim, terdakwa Anas Makruf dijatuhi vonis 4 tahun penjara dan denda sebesar 500 juta rupiah subsider 2 bulan kurungan penjara, terdakwa Edi Sandi divonis 6 tahun penjara dan denda 200 juta subsider 2 bulan penjara aert diwajibkan membayar uang pengganti senilai Rp 2 Milyar 181 juta rupiah, sedangkan vonis untuk terdakwa Faris yakni 5 tahun penjara denda subsider 2 bulan penjara.

"Untuk tiga orang terdakwa korupsi proyek pasar manggisan ini, seluruh vonis  Majelis Hakim sudah diatas 2/3 dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum yang dibacakan pada persidangan sebelumnya," ujarnya saat dikonfirmasi RRI, Selasa (15/10/2020).

Adhi Wicaksono menjelaskan dari 4 orang terdakwa terkait perkara korupsi itu, hanya Sugeng Irawan Widodo alias Dodik selaku Konsultan Perencana yang divonis Bebas oleh Majelis Hakim Pengadilan Tipikor, Surbaya.

"Satu terdakwa atas nama Dodik dianggap tidak terbukti bersalah, sempat terjadi dissenting opinions diantara para Majelis Hakim namun akhirnya terdakwa tetap dinyatakan bebas" paparnya.

Oleh sebab itu, menanggapi putusan bebas Majelis Hakim terhadap satu orang terdakwa kasus korupsi proyek revitalisasi pasar manggisan itu, Tim Penyidik Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Jember berencana akan kembali mengajukan upaya hukum.

"Terkait putusnya bebas terhadap satu orang terdakwa, kami akan menempuh langkah hukum kasasi ke Mahkamah Agung namun untuk saat ini kita masih menunggu Surat Putusan Resmi dari Pengadilan Tipikor, Surabaya",Pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00