Kejaksaan Negri Lumajang Menahan Oknum Notaris Kondang

KBRN Lumajang : Kejaksaan Negri Lumajang Jawa Timur telah menangkap seorang oknum notaris terkenal berinisial LIW karena diduga telah melakukan penipuan dan penggelapan sertifikat tanah senilai ratusan juta rupiah.

Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Lumajang Arie Candra DN SH menjelaskan, LIW saat ini ditahan, kasus ini berawal dari rencana korban (pemilik lahan) yang akan menjual tanah miliknya di Wilayah Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang. Saat itu datang LIW bersama temannya yang akan membeli tanah tersebut dan melakukan penawaran hingga ada kesepakatan.

“Datanglah LIW sama temannya melakukan penawaran terkait dengan obyek itu. Disepakatilah terkait dengan harga, Pada saat itu perjanjiannya dia mengatakan bahwa 3 bulan, Jadi itu memang ada DPnya. DP 150 juta kemudian sisanya akan di lunasi kemudian,” terangnya Rabu (12/08/2020).

Atas perbuatannya menggadaikan sertifikat tersebut, Kejaksaan Negeri Lumajang menahan LIW dan saat ini LIW ditahan di Sel Mapolres Lumajang saat ini.

“Sertifikat itu ke 4 nya diserahkan ke LIW cuma bukti penjualannya itu bukan atas nama LIW, Kalau tidak salah harganya Rp 550 juta. Sudah di tahan, Kita titipkan di polres. Kami menganggap bahwa apa yang dilakukan itu sebenarnya memenuhi unsur penggelapan, ada unsur penipuannya disana,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kasat Rekrim Polres Lumajang AKP Maskur SH ketika dikonfirmasi terkait penangkapan oknum notaris LIW membenarkan dan pihaknya sudah menyerahkan ke Kejaksaan.

“Bukan ditangkap, tapi di serahkan ke kejaksaan karena berkas sudah selesai lengkap,” ungkap Kasat Reskrim. KA

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00