Dukun Pesugihan di Jember Tipu Korban Puluhan Juta

KBRN,Jember: MS (57) seorang  warga Dusun Benteng, Desa Sidomekar, Kecamatan Semboro, Jember diringkus jajaran Polsek Semboro.

Pria yang dikenal sebagai dukun pengganda uang gaib itu diringkus polisi usai memperdaya seorang korbannya hingga korban menderita kerugian mencapai puluhan juta rupiah.

Dihadapan penyidik, MS mengaku profesinya sebagai dukun pengganda  uang gaib hanyalah sebagai kedok tipu daya belaka.

"Pelaku meminta sejumlah persyaratan kepada korban agar menyiapkan mahar atau Ubo rampe berupa burung gagak hitam dan beberapa hal yang sakral," ujar Kanit Reskrim Mapolsek Semboro Bripka Anton Wijaya, Rabu (6/7/2022).

Sebelum ditangkap polisi, Tersangka MS ditangkap usai dilaporkan seorang korban  warga Kecamatan Tandes, Surabaya. Korban mengaku terperdaya bujuk rayu tersangka hingga rela menyetor uang senilai Rp 26 Juta rupiah lebih.

"Saya dikenalkan seseorang kepada Abah ini pak, dan saya sudah transfer 5 kali dengan total 26 juta lebih, kata dukun ini buat beli burung gagak dan keperluan lain demi agar uang ghaib cepat di proses dan segera bisa dipergunakan," ungkap korban.

Atas kasus kriminal itu, Tersangka MS diamankan ke Mapolsek setempat guna penyelidikan lebih lanjut. Polisi juga menyita sejumlah barang bukti dari rumah tersangka. 

Barang bukti yang disita Diantaranya berupa tempat biskuit kosong dan juga dupa dan beberapa ubo rampe berupa gula, tulisan lafadz, serta jimat sarana dukun tersebut mengelabui korban. (gl/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar