KONI Bondowoso Dilaporkan ke APH, Wabup Irwan : Nggak Perlu Takut

Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat

KBRN, Bondowoso : Merebaknya pemberitaan terkait dilaporkannya Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bondowoso ke aparat penegak hukum (APH) mendapat tanggapan dari Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat.

KONI dilaporkan ke aparat penegak hukum terkait dengan dugaan penyalahgunaan anggaran untuk cabang olahraga (Cabor) terkait pelaksanaan Porprov VII kemarin.

Irwan mengaku telah menerima berita tersebut dari beberapa media. Namun ia menegaskan bahwa KONI tidak perlu takut kalau memang kenyataannya benar. 

" Nggak perlu takut kalau memang dalam kenyataannya memang benar, " katanya saat dikonfirmasi RRI, Rabu (6/7/2022).

Menurutnya, siapapun berhak melapor kepada penegak hukum. Yang terpenting adalah, KONI sebagai terlapor harus bisa menjelaskan atau memberikan keterangan sebenarnya.

" Yang terpenting sekarang KONI bisa berargumen,  memberikan keterangan yang memang sesuai dengan aturannya. Nggak ada masalah kan begitu. Jadi siapapun yang melaporkan silakan, " lanjutnya.

Jika memang harus berurusan dengan aparat penegak hukum, Wabup menyarankan agar KONI mengikuti sesuai prosedur. " Kalau memang sudah dilaporkan oleh beberapa LSM, lembaga dan sebagainya. Ya, kalau dilakukan pemanggilan oleh APH ya harus diikuti sesuai prosedur, " beber Ketua DPC PDI Perjuangan tersebut. 

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bondowoso, Puji Triasmoro menjelaskan bahwa pihaknya telah menerima laporan dugaan penyelewengan anggaran yang dilakukan oleh KONI terkait kucuran anggaran hibah cabor kemarin. 

Selanjutnya, pihak Kejaksaan akan mengusut permasalahan dugaan penyelewengan anggaran tersebut sampai tuntas. 

"Sudah kita tindak lanjuti, bahkan sudah kita periksa semua di antaranya pelapor, terlapor bahkan Cabor juga sudah kita periksa. InsyaAllah kita akan naikkan," tegasnya. (san/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar