E -Tilang di Lumajang Segera Diberlakukan

KBRN Lumajang : Jajaran Satlantas Polres Lumajang Jawa Timur terus menambah pemasangan CCTV untuk menerapkan e-tilang atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). 

Menurut Kasatlantas Polres Lumajang Bayu Halim N, ketika dikonfirmasi RRI, kali ini penambahan pemasangan alat tersebut akan diletakkan di simpang empat veteran Lumajang setelah pemasangan di simpang 4 Sukodono Lumajang sudah siap diaplikasikan menyusul setelah Korlantas Polri melaunching Electronic Traffic Law Enforcement -ETLE di Indonesia belum lama ini.

"Saat ini sudah terpasang satu di Sukodono dan tambahannya akan dipasang di simpang empat veteran, targetnya tanggal 28 sudah bisa dieksekusi karena masih melakukan koordinasi dan komunikasi dengan instansi lain,"Katanya Sabtu (17/04/2021).

Ketika dikonfirmasi lebih jauh mengenai kendala apa saja yang selama ini dialami jajaran Satlantas Polres Lumajang, Kasatlantas Polres Lumajang mengaku tidak ada masalah namun masih perlu komunikasi lintas instansi baik BRI, Kantor Pos, Kejaksaan dan pelatihan personil internal serta sinkronisasi aplikasi.

Kasatlantas Polres Lumajang juga mengatakan dengan adanya Electronic Traffic Law Enforcement -ETLE, siapa pun yang melanggar peraturan lalu lintas akan tegas ditindak dan tidak pandang bulu. Mengingat ETLE dapat mendeteksi pengguna jalan yang melanggar lalu lintas dengan bukti nyata, kuat serta akurasi data lebih baik jika dikomparasikan dengan sistem yang konvensional.

"Jadi ETLE ini teknologi kamera CCTV yang dapat mendeteksi pelanggar lalu lintas terkait waktu maupun jenis pelanggarannya tanpa pandang bulu," Tegasnya.

Pelanggaran yang bisa terdeteksi sensor kamera ETLE yakni pelanggaran Plat Nomor Kendaraan Bermotor baik roda dua maupun Roda Empat, marka jalan, menyalip dari kiri, menerobos lampu merah, pengguna tidak menggunakan helm, berboncengan sepeda motor melebihi kapasitas maupun berkendara tanpa mengenakan sabuk pengaman otomatis akan terekam sebagai pengendara pelanggar lalu lintas.

Selain itu, kamera itu juga dapat berfungsi sebagai CCTV umum. Karena kualitasnya yang bagus kamera itu mampu merekam setiap kejadian yang terjadi di jalanan dengan sangat baik. KA 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00