35 SMPN Telah Siapkan Panduan Tekhnis, Dispendik Jember Tunda Simulasi Pembelajaran Tatap Muka

KBRN,Jember: Sebanyak 35 Lembaga Pendidikan Sekolah Menangah Pertama di Kabupaten Jember telah menyiapkan Skema Tekhnis untuk melaksanakan pembelajaraan tatap muka di Masa Pandemi Covid 19. 

Skema pembelajaran yang telah disiapkan mulai dari pembatasan 50 persen untuk kehadiran siswa di tiap kelas, mengatur waktu kehadiran siswa agar tidak bergerombol, pengaturan nomor bangku bagi tiap siswa, pembelajaran dibatasi maksimal 4 jam, pembelajaran difokuskan pada konsultasi siswa dan guru terkait materi pembelajaran yang tetap diberikan melalui sistem daring dan juga mengatur durasi pertemuan setiap siswa dengan guru disekolah maksimal hanya 2 kali dalam kurun waktu satu minggu saat pelaksanaan simulasi.

Kepala Sekolah SMPN 7 Jember, Syaiful Bahri mengatakan sekolah telah jauh hari  menyiapkan seluruh panduan tekhnis simulasi pembelajaraan tatap muka bagi siswa. Panduaan tekhnis itu telah dipahami dan siap dilaksanakan oleh masing-masing lembaga sekolah khususnya lembaga pendidikan tingkat SLTP di Kabupaten Jember.

"Kita selalu melakukan kordinasi dengan sekolah- sekolah lain, orang tua wali murid dan pihak Dinas Pendidikan untuk menyamakan panduan tekhnis pembelajaraan tatap muka di masa pandemi ini, secara umum kita sudah sepenuhnya siap untuk melaksanakan simulasi tatap muka," ujarnya kepada RRI, Senin (1/3/2021).

Syaiful menerangkan saat ini pihak sekolah hanya tinggal menunggu petunjuk dari Dinas Pendidikan untuk melaksanakan simulasi pembelajaran tatap muka di masa Pandemi Covid 19.

"Untuk ditingkat SMP Negeri di kabupaten jember sendiri rencana ada sekitar 35 Lembaga SMP Negeri yang sesuai dengan surat penunjukan daru Kepala Dinas Pendidikan Pemkab Jember  untuk melakukan simulasi pembelajaran tatap muka sebelum memasuki masa transisi," imbuhnya.

Sebelumnya, Bupati Jember Hendy Siswanto mencanangkan Simulasi Pembelajaran tatap muka bagi siswa siswi di Jember akan dilaksanakan pada 1 Maret 2021. 

Namun demikian, Dinas Pendidikan setempat mengeluarkan surat edaran berisi tentang Penundaan Simulasi Pembelajaran Tatap Muka yang direncanakan digelar 1-3 Maret hingga adanya pemberitahuan lebih lanjut. (GL/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00