Sekolah di Banyuwangi Bagikan Rapor secara ”Drive-Thru”

KBRN, Banyuwangi : Salah satu sekolah di Banyuwangi ini punya cara sendiri, dalam membagikan laporan hasil belajar (rapor), ditengah pandemi Covid-19. Untuk menghidari kerumunan sekaligus mencegah penularan Covid-19 dilingkungan sekolah, SDN 1 Lateng Banyuwangi, membagikan rapor dengan sistem drive-thru.

Berdasarkan pantauan RRI, orang tua dari siswa secara bergantian mengambil rapor dari wali kelas anaknya tanpa turun dari kendaraanya, setelah menerima rapor, mereka langsung pulang, tanpa ada interaksi dengan wali kelas ataupun wali murud lainnya.

Kepala Sekolah SDN I Lateng Banyuwangi Lina Kamalin menyatakan, inovasi pembagian rapor secara drive thru ini terinspirasi dari sistem Samsat pelayanan pajak kendaraan, yang dilakukan luar ruangan, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, selain itu jam pengambilan rapor juga diatur, agar tidak terjadi kerumunan.  

“Saat ini Banyuwangi masuk Zona Merah, dan saya berpikir kerumunan tidak boleh dilakukan di sekolah, namun  layanan tetap harus jalan, sehingga untuk meminimalisir interaksi, kami melakukan pembagian rapor dengan sistem drive-thru," ungkap Lina, Rabu (23/12/2020).

Untuk mempermudah, pihak sekolah membagi jam pengambilan rapor dan menyiapkan guru yang bertugas mengarahkan wali murid yang akan mengambil rapor, sekaligus menukar buku pelajaran dari buku - buku untuk semester ganjil ditukar dengan buka untuk semester genap.

“Hari ini merukapan hari ketiga pembagian rapor, dimana hari Senin pembagaian untuk kelas 1 dan 2, kemarin untuk kelas 3 dan 4 dan sekalarang giliran kelas 5 dan 6, dan jam pengambilan masing masing kelas juga diatur sesuai nomor absen," tambah Lina.

Selama berada disekolah, para orang tua terlebih dahulu dicek suhu tubuhnya, kemudian diarahakan untuk mencuci tangan, setelah itu langsung menuju tempat wali kelas untuk mengambil rapor tanpa turun dari kendaraanya, setlah itu langsung dipersilahkan untuk keluar sekolah. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00