Mahasiswa Polije Bagi Tips Merebahkan Sapi Kurban dengan Mudah Tak Menyakiti

KBRN,Jember: Hari Raya Idul Adha 2022 sudah di depan mata, kesibukan persiapan penyembelihan hewan kurban mulai tampak. 

Sebagai edukasi, Mahasiswa Program Studi Produksi Peternakan Politehnik Negeri Jember turut membagikan tips menjatuhkan hewan kurban dengan mudah tanpa menyakiti hewan tersebut. 

Tak hanya itu, beberapa tehnik merebahkan hewan sapi yang dilakukan juga sangat efektif, hanya butuh kekuatan dua orang saja.

"Ada dua tehnik, yang pertama tehnik Roop Squeeze atau merebahkan sapi dengan mengunci bagian perut dan dada mengunakan tali sehingga sapi bisa dikendalikan tidak bisa bergerak karena sudah terkunci," ujar Afan Kustiawan Staf Pengajar Program Studi Produksi Peternakan Politehnik Negeri Jember kepada RRI,Jumat (1/7/2022).

Selain itu ada Metode Burley yakni metode yang dilakukan dengan cara menyiapkan tali panjang (6 m) dan dibagi sama panjang (tapi tidak dipotong), tali kemudian dililitkan dengan kedua ujung tali melalui leher bagian belakang sapi kemudian disilangkan di antara kaki depan (sternum), kedua ujung ditarik keatas dan disilangkan di punggung.

"Dengan melakukan metode-metode ini pada saat melakukan pemotongan hewan ternak atau dapat digunakan dalam proses pemotongan kuku ternak, apalagi saat ini merebak penyakit PMK maka setidaknya setiap 6 bulan sekali kukunternak dibersihkan dengan mengunakan metode ini," jelasnya.

Kustiawan menjelaskan bagi mahasiswa sendiri, mengenalkan tips dua metode dalam merebahkan ternak juga bermanfaat menunjang program studi yang tengah dijalani. Selain itu dalam waktu dekat mereka juga akan mengikuti kompetisi tingkat nasional.

"Ini juga bagiaan untuk mempersiapkan diri serta mengasah mental mahasiswa Politehnik Negeri Jember terutama Program Studi Produksi Peternakan Mahasiswa  agar nantinya siap berkompetisi dengan mahasiswa Politehnik lain se -indonesia," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar