Ketika Aisyah Menerima Penghargaan Sebagai Insan Pendidikan Berprestasi

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Situbondo, Siti Aisyah saat menyampaikan kisahnya hingga memperoleh penghargaan sebagai insan pendidikan berprestasi di Hari Pendidikan Nasional 2022. Jumat (13/5/2022) (Foto Diana Arista)

KBRN, Situbondo: Bangga dan haru, dua kata yang bisa mewakili dari pancaran wajah Siti Aisyah, Pelaksana Tugas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, usai dinobatkan sebagai salah satu insan pendidikan berprestasi di antara 25 insan berprestasi lainnya. 

Perempuan berusia 57 tahun ini mengaku terharu karena idenya untuk mempermudah memperoleh data guru melalui aplikasi Sisgur, mendapatkan penghargaan dari Bupati Situbondo, Karna Suswandi, bersamaan dengan upacara peringatan Hardiknas yang berlangsung di Alun-Alun Situbondo, Jumat (13/5/2022) pagi.

“Alhamdulillah, akhirnya apa yang saya gagas bisa memberikan manfaat. Meskipun masih banyak kekurangan dan perlu penyempurnaan,” ujarnya kepada RRI, sembari tersenyum.

Ia menceritakan alasannya hingga muncul ide membuat aplikasi Sisgur. Ketika itu, ia mendapat kesulitan mengakses data guru yang dibutuhkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Tak hanya itu, data guru juga sangat diperlukan untuk kepentingan distribusi guru secara proporsional.

"Saat itu saya masih menjabat sebagai kepala seksi edukatif di Dispendikbud," ucapnya.

Berawal dari kegalauan itu, akhirnya ia memutar otak dan menemukan gagasan untuk membuat aplikasi yang bisa mempermudah memperoleh data guru secara lengkap termasuk dengan data keluarga guru yang bersangkutan. Jadilah aplikasi Sisgur yang memuat data guru dan keluarga.

"Keinginan saya yaitu membuat aplikasi data guru, sekali pencet NIP pegawai, semua data guru dan keluarganya muncul,” ucapnya. 

Saat ini, aplikasi Sisgur sudah menjadi referensi Dispendikbud untuk memperoleh data guru. Sehingga memudahkan saat dinas akan melakukan mutasi guru, ataupun mengetahui secara proporsional kebutuhan guru di setiap sekolah.

“Aplikasi ini masih terus disempurnakan. Saay ini kami juga sedang mencoba melengkapi bagaimana aplikasi ini bisa memuat penilaian kinerja guru. Sehingga tidak ada kesulitan lagi untuk melakukan evaluasi kinerja guru,” bebernya.

Pantauan RRI, sebanyak 25 insan pendidikan mendapatkan penghargaan dari Bupati Situbondo Karna Suswandi karena telah berkontribusi terhadap kemajuan dunia pendidikan di Kabupaten Situbondo. Salah satu penerima penghargaan yaitu Siti Aisyah, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Situbondo.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar