Di Bondowoso, Ijen Geopark Fokuskan Edukasi Seni Budaya Kepada Siswa

Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat Saat Penyerahan Hadiah Ijen Geopark Corner Competition

KBRN, Bondowoso : Pelaksanaan Ijen Geopark di Kabupaten Bondowoso kini menyasar pada edukasi seni budaya kepada para siswa. Sehingga, jika harus dimasukkan ke dalam muatan lokal, para siswa juga memahami potensi-potensi kearifan lokal sedini mungkin. 

Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat meminta Dinas Pariwisata, Pemuda Dan Olahraga (Disparpora) setempat untuk merumuskan kawasan Ijen Geopark yang berkaitan dengan potensi seni dan budaya di masing-masing daerah utamanya budaya non benda.

" Tolong dirumuskan yang menjadi kawasan Ijen Geopark itu dimana saja. Diklasterkan, apa sih seni budaya yang ada di kawasan itu. Baru disampaikan kepada teman-teman di dunia pendidikan. Sehingga mereka harus mengeksplor, apa sih potensi seni budaya terutama di kawasan Grujugan, Pujer. Jadi lebih spesifik, namanya ini journey IG," jelas Irwan usai penyerahan hadiah Lomba Ijen Geopark Corner Competition, di aula Disparpora, Jumat (10/12/2021).

Sementara itu, Kepala Disparpora Bondowoso, Mulyadi menambahkan progres Ijen Geopark sudah hampir 100 persen. Upaya edukasi Ijen Geopark kepada siswa ditujukan mulai tingkat PAUD hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

" Tujuannya untuk mengenalkan Ijen Geopark ke dunia pendidikan mulai dari tingkat PAUD-SMA. Alhamdulillah ini sudah berjalan dengan lancar karena antusiasnya sangat tinggi sekali," urainya. 

Dijelaskannya, upaya tersebut berpengaruh pada asesmen Ijen Geopark oleh UNESCO. Untuk itu pihaknya telah mengajukan tema yang disosialisasikan kepada masing-masing sekolah.

" Dan temanya sudah beberapa tahun yang lalu sejak Ijen Geopark didengungkan di Kabupaten Bondowoso, itu sudah disosialisasikan ke sekolah-sekolah sehingga sekarang ini dikompetisikan," tutupnya. (san)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar