Porprov VII, Kontingen Situbondo Persembahkan 5 Emas, 4 Perak, dan 15 Perunggu

Kontingen Situbondo pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim Ke-7 berhasil menyumbang 5 emas, 5 perak, dan 15 perunggu untuk Situbondo. Sabtu (2/7/2022) (Foto istimewa)

KBRN, Situbondo: Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, menjadi salah satu tuan rumah pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim Ke-7, selain Bondowoso, Jember, dan Lumajang. 

Anggaran yang dikeluarkan Pemkab Situbondo untuk menyukseskan ajang dua tahunan ini mencapai Rp1,5 miliar. Berkurang 50 persen dibandingkan anggaran pada Porprov Ke-6 yang mencapai Rp3 miliar, padahal Situbondo hanya sebagai peserta kala itu.

Selain selisih anggaran, jumlah atlet yang ikut berlaga juga melampaui porprov pada 2019 lalu. Kali ini KONI Situbondo menerjunkan sebanyak 202 atlet yang bertanding di 26 cabang olahraga, porprov 2019 menerjunkan 90 atlet di beberapa cabang olahraga. 

"Alhamdulillah, sebagai tuan rumah, kami sudah berusaha keras, memaksimalkan pembinaan atlet, dengan perolehan sejumlah medali, emas, perak, dan perunggu," ujar Ketua KONI Kabupaten Situbondo, Deny Wahyu Pribadi, Sabtu (2/7/2022).

Medali yang berhasil diraih kontingen Kabupaten Situbondo, hingga 2 Juli 2022 yaitu sebanyak lima emas, empat perak dan 15 perunggu. Sedangkan medali yang berhasil dibawa pulang pada porprov VI yaitu empat emas, satu perak, dan sembilan perunggu.

"Besok masih akan ada pertandingan selam atau orientasi bawah air (OBA). Ada dua orang atlet kita yang ikut bertanding di nomor OWF 6000 meter. Semoga bisa menambah medali," ucap Deny.

Pantauan RRI, penyelenggaraan Porprov Jatim di Kabupaten Situbondo, berlangsung meriah. Sejak dibuka pada 25 Juni 2022 di Stadion Jember Sport Garden (JSG) hingga Sabtu, 2 Juli 2022, pertandingan di sembilan venue di Situbondo berlangsung lancar, aman, dan kondusif. 

"Alhamdulillah, semua pertandingan yang berlangsung di Situbondo, aman dan terkendali, sehingga sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, dan sukses ekonomi bisa terwujud di Kota Santri ini," ujar Deny.

Sembilan venue di antaranya, Jasalindo/Pasir Putih Water Sport yang merupakan venue tiga cabang olahraga, yaitu renang di perairan terbuka, voli pantai, dan panjat tebing. Sedangkan di Pasir Putih, menjadi venue selam atau OBA, dan di Beach Forest menjadi arena pertandingan hockey pasir.

Auditorium SMPN 1 Situbondo merupakan venue cabang olahraga binaraga, angkat besi, dan angkat berat. Gedung PGRI dijadikan venue cabang olahraga anggar. Gedung Situbondo Sport Center, ditempati cabang olahraga hockey indoor, dan di Stadion Muhammad Saleh, hockey outdoor.

Sementara di Alun-Alun Situbondo, menjadi venue petanque, cabang olahraga baru, karena masih dua kali dipertandingkan pada ajang Porprov Jatim Ke-6  dan Ke-7. Termasuk GOR Baluran yang menjadi venue cabang olahraga Judo.

"Minggu, 3 Juli 2022 akan berlangsung acara penutupan Porprov Jatim Ke-7 di Stadion Kabupaten Lumajang. Ada 30 atlet kontingen Situbondo yang ikut meramaikan, termasuk Pengurus KONI dan beberapa pejabat terkait, " imbuh Deny Wahyu Pribadi, yang juga berprofesi sebagai Guru Olahraga.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar