Ketua Pengprov FOPI : Venue Petanque di Alun-Alun Situbondo, Terbaik di Jawa Timur

Atlet petanque sedang bertanding di arena Alun-Alun Situbondo, pada ajang Porprov Jatim VII. Sabtu (2/7/2022) (Foto Diana Arista)

KBRN, Situbondo: Ketua Harian Pengprov Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Jawa Timur, Dr.Nurkholis mengapresiasi venue pertandingan petanque dalam rangka Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim Ke-7 di Alun-Alun Situbondo. 

Katanya, venue petanque sangat representatif sebagai cabang olahraga yang masih terhitung baru. Terlebih, FOPI Situbondo baru berdiri. Namun dalam menyediakan venue sudah sempurna, mulai dari sarana prasarana hingga keterlibatan atlet yang melebihi target.

"Secara keseluruhan kali ini lebih bagus dibandingkan pertandingan petanque perdana pada ajang porprov Ke-6 di Bojonegoro. Dari sisi fasilitas, sarana prasarana, luar biasa," ujar Dr. Nurkholis kepada RRI, Sabtu (2/7/2022).

Bahkan, venue petanque di Situbondo ini adalah yang terbaik di Jawa Timur. Kesiapan lapangan sudah sangat bagus dan berstandar nasional. Selain itu, venue petanque di Alun-Alun Situbondo ini nyaman dan tidak bising, meskipun berada di tengah kota.

"Dalam bermain petanque, kita butuh ketenangan karena harus konsentrasi penuh, dan di Alun-Alun Situbondo ini dapat. Temen-temen di Situbondo sangat luar biasa menyiapkan segala sesuatunya," ungkapnya. 

Selain itu, jumlah atlet yang ikut pada porprov VII ini berjumlah 365 atlet yang berasal dari 32 kabupaten/kota di Jawa Timur. Jauh jika dibandingkan pertandingan petanque perdana, yang hanya diikuti oleh 19 kabupaten/kota.

"Artinya apa, peminat olahraga ini bertambah signifikan," ucapnya.

Nurkholis mengatakan, prestasi petanque merata di semua daerah. Terbukti, hampir semua kabupaten/kota yang mengikuti pertandingan porprov kali ini, dapat medali. Artinya, tidak bertumpu di satu daerah tertentu.

"Dugaan awal bahwa petanque akan dikuasai atau dimonopoli oleh daerah tertentu, ini meleset. Karena terbukti dari 32 kabupaten/kota hanya ada tujuh kabupaten/kota yang tidak meraih medali," ungkapnya.

Ia mengapresiasi pengurus kabupaten (pengkab) Situbondo, yang bisa mengantarkan atletnya meraih emas di nomor individu putri dan perak di nomor triple mix. Padahal cabang olahraga petanque di Situbondo, belum setahun berdiri.

"Pembinaannya sudah sangat bagus. Apalagi ini kan belum setahun berdiri, tapi bisa menorehkan prestasi," tutupnya. (din/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar