Raih Tiga Emas, Cabor Karate Kontingen Jombang Lampaui Target

KBRN, Bondowoso : Perolehan medali emas terbanyak cabang olahraga karate pada Porprov Jatim VII sementara masih dipegang oleh Kabupaten Jombang. 

Berdasar data yang dihimpun Kontingen Kabupaten Jombang meraih tiga medali emas, masing-masing di kelas Kata Perorangan Putra, Kata Beregu Putri Emas, Kumite -55 Putri. 

Koordinator Pelatih Forki Kabupaten Jombang, Aditya Harja Nenggar mengatakan perolehan medali emas yang diraih kontingen melampaui target. 

Dengan raihan itu, dia mengaku cukup puas dengan penampilan para atlet. 

"Target kami sebenarnya mendapat dua medali emas. Namun, para atler bermain gemilang. Mereka justru membawa pulang tiga medali emas. Lebih dari yang kami harapkan," ungkapnya saat dikonfirmasi RRI, Sabtu (2/7/2022). 

Kesuksesan meraih tiga medali emas ini tak terlepas dari ikhtiar para atlet. Sebelum Porprov, mereka mengikuti beragam program latihan dengan jadwal padat. Pelatih menambah intensitas latihan menjadi tiga kali dalam sehari. Biasanya hanya sekali dalam sehari. 

"Potensi mendapat kembali medali emas tampaknya sudah tidak ada. Pertandingan yang diikuti atlet menyisakan dua kelas saja. InsyaAllah dapat medali perunggu di kelas itu," urainya. 

Di tempat yang sama, Technical Delegate (TD) Cabor Karate, Suyanto, memprediksi pemuncak klasemen perolehan medali emas pada cabor karate bakal berubah. 

"Sementara ini, Kabupaten Jombang memimpin perolehan medali emas. Sudah tiga medali emas yang dikumpulkan," katanya. 

Pasalnya, kemampuan para atlet karate yang terjun dalam Porprov Jatim VII tahun ini terbilang merata. 

"Forki (Federasi Olahraga Karate Do Indonesia) Jatim membawahi 22 perguruan yang tersebar di sejumlah kota dan kabupaten. Mereka melakukan seleksi kepada para atlet sebelum perhelatan Porprov. Karena itu, praktis seluruh atlet yang terjun di Porprov kemampuannya merata," paparnya. 

Dia menyebut, ada 15 kelas yang dipertandingkan dalam gelaran Porprov kali ini. 

Yakni, Kata Perorangan Putra, Kata Perorangan Putri, Kata Beregu Putra, Kata Beregu Putri, Kumite Perorangan Putra -55 kg, -60 kg, -67 kg, 75 kg, -84 kg, dan +84 Kg. 

Kemudian, Kumite Perorangan Putri -50 kg , -55 kg, -61 kg, -68 kg, dan +68 kg. 

Pertandingan karate dilangsungkan menggunakan sistem reverchance dengan durasi 2-3 menit. 

"Kelas yang dipertandingkan memang berjalan tanpa jeda, dimulai laga penyisihan, babak pertama, babak kedua, babak ketiga, hingga final," pungkasnya. (san/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar