Venue Panjat Tebing di Situbondo Jadi Venue Alternatif di Jatim

Venue panjat tebing di Jasalindo/Pasir Putih Water Sport di Desa/Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, menjadi venue panjat tebing alternatif di Jawa Timur. (Foto Diana Arista)

KBRN, Situbondo: Venue panjat tebing di Jasalindo/Pasir Putih Water Sport, Desa/Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, akan menjadi venue alternatif di Jawa Timur. 

Menurut Ketua Pengprov  Federasi Panjat Tebing (FPTI) Jawa Timur, Danu Iswara, venue panjat tebing di Jasalindo sangat representatif, dan bisa menjadi venue alternatif untuk berlatih ataupun  menggelar even nasional.

"Selama ini venue panjat tebing hanya di Surabaya. Dan di Jasalindo ini bisa menjadi tempat alternatif setelah Surabaya," ujarnya di Situbondo, di sela pertandingan cabang olahraga panjat tebing pada ajang Porprov Jatim VII, Sabtu (2/7/2022).

Danu Iswara menyarankan kepada Pemerintah Kabupaten Situbondo, untuk menjalin kerjasama apik dengan pihak Jasalindo, dalam rangka pembinaan atlet khusunya panjat tebing, guna menyiapkan atlet panjat tebing yang handal. 

"Saran kami sudah saya sampaikan ke Ketua FPTI Situbondo, venue yang ada ini setidaknya dimanfaatkan untuk kejuaraan porprov tahun depan. Jasalindo siap melakukan pembianan atlet Situbondo," ungkapnya.

Tak hanya cabang olahraga panjat tebing, di Jasalindo ini ada tiga pertandingan Porprov Jatim, yaitu panjat tebing, bola voli pantai, dan renang di perairan terbuka (OWS). Situbondo sendiri belum punya atlet di tiga cabang olahraga tersebut. 

"Nah, manfaatkan sarana olahraga di Jasalindo ini. Ajak atlet berlatih di sini," tegas Danu.

Pantauan RRI, ada tiga cabang olahraga yang dipertandingkan di Jasalindo, dalam rangka Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim Ke-7, yaitu panjat tebing, bola voli pantai, dan open water swimming (OWS).

Porprov cabang olahraga panjat tebing diikuti oleh sekitar 160 atlet yang tersebar di 24 kabupaten/kota di Jawa Timur. Ada 16 nomor yang dipertandingkan, delapan nomor putra dan delapan nomor putri, dengan empat kategori yaitu boulder,  

Pertandingan ini memperebutkan 16 medali, dalam nomor kombinasi speed, bouldering, dan lead putra dan putri, dengan rincian delapan putra dan delapan putri. Pemenang adalah yang berhasil mengumpulkan nilai tertinggi, gabungan nilai dari empat kategori pertandingan.

"Ada empat kategori yang dipertandingkan, yaitu lead, nomor combine yang terdiri dari dua nomor, serta boulder," tegasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar