Cabor Renang Pecahkan 8 Rekor Porprov Jatim 2022

KBRN, Jember : Hari pertama  cabang olahraga Renang dalam penyelenggaraan porprov Jatim telah  terjadi delapan kali pemecahan rekor dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jawa Timur 2022 yang digeber di kolam renang Kebon Agung Jember.

Kerja keras dan totalitas para perenang saat berada di kolam ternyata menorehkan prestasi. Tidak cuma raihan medali, melainkan catatan rekor baru pecah di Porprov VII ini. 

Para perenang yang mampu mencatat rekor baru, yakni Agung Sulaksono Putro Alamsyah di nomor 400 meter gaya bebas putra. Perenang asal Surabaya ini tak cuma meraih medali emas tapi mencatat rekor baru atas nama dirinya pada waktu porprov 2019 di gresik  dengan catatan waktu 4:08.59.

selanjutnya Romeo Lingga mencatat rekor baru ketika turun di 100 meter gaya punggung putra. Perenang asal Sidoarjo tersebut mencatat waktu terbaik 59.92 detik sekaligus membuat rekor baru memperbaiki catatan lama yang jadi milik William Lukito 1:00.75 di Porprov 2019 di Gresik.

Selanjutnya Viona Alta Zevina juga mencatat rekor baru di 100 meter gaya punggung putri. Perenang Surabaya ini membuat catatan terbaru yang berujung pecah rekor di Porprov Jatim 2022 dengan catatan 1:09.21.

Makayala Nanjiwa Maulidiva juga tak mau kalah. Perenang asal Kota Malang yang turun di nomor 200 meter gaya kupu-kupu putri memecahkan  rekor baru sekaligus medali emas dengan catatan terbaik 2:29.01. Mayakala memperbaiki catatan waktu milik Diajeng Ayu di Porprov Banyuwangi 2015 dengan waktu 2:31.08.

William Loekito asal Surabaya juga tidak mau kalah. Ia membuat rekor baru di nomor 100 meter gaya bebas putra dengan catat waktu 53.77. Catatannya memperbaiki milik Dylan Siva 54.53 di Porprov 2019 Gresik.

Sementara perenang putri asal Kabupaten Pasuruan, Salwa Nadhifah Syakira membuat rekor baru di nomor 100 meter gaya bebas putri dengan catatan 1:02.41, memperbaiki catatan milik dirinya 1:02.64.

Selanjutnya dua rekor baru yang pecah di kolam renang keboan Agung Jember, yakni ditorehkan tim putra Surabaya di nomor 4×400 meter gaya bebas estafet putra dengan catatan tbaru 3:38.50.

Rekor baru lainnya dicatat tim Kota Malang pada nomor 4X400 meter gaya babas estafet putri dengan catatan waktu terbarunya 4:15.71.

Herlambang Wijaya  Ketua 1 Pengprov PRSI Jawa timur kepada RRI mengatakan para atlit renang tuan rumah kabupaten Jember belum bisa meraih medali di arena kolam renang kebon Agung Jember hari pertama mempertandingkan 14 nomor tidak satupun atlit Jember dapat medali.

 "Ini cukup disayangkan padahal memiliki kolam renang yang standard Nasional." Katanya. 

Dia tegaskan adakan coucing clinic dengan melibatkan guru olah raga yang ada di Jember minimal pelatih Lisensi D yang harus dimiliki. 

"Pengprov PRRSI Jatim siap memfasilitasi pelatih untuk memberikan pelatihan. Dan yang tak kalah penting  ada rutinitas kejuaraan yang digelar di Jember, sehingga bisa memunculkan club renang baru, " Pintanya

Pantauan RRI Pengcab PRSI Jember pada Porprov Jatim 2022 di Jember mengirim ada 16 Atlit renang,sayangnya di hari pertama ada 14 medali emas yang diperebutkan pada 14 kategori, perenang Jember masih kalah bersaing dengan kota surabaya, kota Malang, Sidoarjo, Gresik maupun pasuruan. (rf/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar