Atlet Esports Persiapkan 5 Squad Berlaga di Ajang Porprov 2022

Atlet esports saat mengikuti penjaringan

KBRN, Situbondo : Olahraga elektronik atau esports akan dipertandingkan sebagai salah satu cabang olahraga (cabor) eksibisi, dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-7. 

Ketua ESI Kabupaten Situbondo, Vigo Aldino mengaku, pihaknya sudah menyiapkan atlet esports yang berprestasi untuk mengikuti pertandingan eksibisi esports pada pekan Porprov 2022.

"Kita sudah menjaring atlet esports melalui 'Open Rekrutment Road To Porprov 2021' seperti yang kami lakukan sekarang ini," ujarnya kepada RRI, di sela kegiatan, Senin (20/9/2021).

Penjaringan dilakukan secara estafet. Mulai dari usia 17 tahun hingga usia 22 tahun. Hasil dari penjaringan itu, ada lima squad yang terpilih yang siap berlaga pada ajang Porprov, yakni U-17 tiga squad, dan U-22 dua squad. Satu squad terdiri dari lima orang.

"Untuk U-17 kami ambil tiga squad, yaitu juara 1 sampai 3. Dan U-22 ada dua squad, kami ambil juara 1 dan 2," bebernya.

Vigo menjelaskan, penjaringan dilakukan secara ketat. Para peserta harus menyerahkan KTP dan KK sebagai syarat ikut pertandingan. Mereka mengisi identitas pendaftaran melalui google form.

"Pesertanya mencapai 762 orang dengan empat cabang. Kita seleksi per kecamatan. Hasil seleksi kita pertandingkan secara off line disini, untuk menghindari joki," ujar Vigo saat berada di lokasi lomba. 

Adapun empat cabang atau kategori yang dipertandingkan, yakni Mobile Legend, Free Fire, PES (Pro Resolution Soccer) dan PUBG (Player Unknown's Battlegrounds) 

"Kami punya aturan main. Atlet cabang olahraga lain, tidak boleh ikut main di perlombaan ini," imbuhnya.

Kata Vigo, eksibisi esport merupakan cabang olahraga baru, yang diharapkan mampu melahirkan atlet yang berkualitas, tak hanya di tingkat nasional namun juga internasional.

"Karena termasuk olahraga baru, maka sosialnya harus lebih gencar lagi. Namun kami masih terkendala di SK, untuk melakukan sosialisasi ESI lewat sekolah-sekolah," paparnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00