10 Cabor Lumajang Siap Lakukan Tes Kebugaran di Surabaya

KBRN, Jember : Koni Kabupaten Lumajang terus mempersiapkan para atletnya untuk menghadapi Pekan Olahraga Provinsi VII ( Porprov) Jawa Timur tahun 2022 mendatang. Hal tersebut sebagai wadah perkembangan prestasi olahraga mulai dari pembibitan atlet sampai mengantarkan prestasi atlet olahraga ke tingkat yang setinggi tingginya terus menerus melakukan terobosan demi kemajuan perkembangan prestasi olahraga di Kabupaten Lumajang. Dengan harapan bukan hanya atlet yang tercapai prestasi serta kesehatannya pelatih juga demikian.

Kepada RRI ketua KONI Kabupaten Lumajang H Ngateman melalui via telepon mengatakan Pelatihan tes kebugaran atlet PUSLATKAB Lumajang tahap kedua untuk kategori Puslatkab Prioritas sebanyak 10 cabor adalah gulat, ju-jitzu, taekwondo indonesia, panahan, selam, sepatu roda, balap sepeda, sepak takraw, catur, dan bridge. Dengan Tim Pengguji Tes Kebugaran atlit PUSLATKAB dari Tim Independen.  Bukan hanya itu Koni Lumajang Mou dengan Universitas Negeri Surabaya ( Unesa) dan Universitas Negeri Malang ( UNM) untuk Tim Puslatkab Atlet  Lumajang. Tes  kebugaran untuk para atlet meliputi tes kelincahan ( illinois), kekuatan otot (push up, sit up), tes kecepatan lari 30 m, ketahanan VO2 max untuk mengetahui daya tahan jantung paru.

" Tes kebugaran yang kita adakan bertujuan untuk mengukur sejauh mana kesiapan para atlit kabupaten Lumajang," kata Ketua KONI Lumajang, ungkapnya.

Menurutnya dari hasil tes para atlet nantinya akan diuji lebih lanjut, Selama kurun waktu 3 bulan kedepan akan dilakukan tes kebugaran kali ketiga untuk mengetahui tingkat kebugaran atlet dengan hasil program latihan dari pelatih masing-masing cabor. Sehingga apa saja kelemahan dan kekurangan atlet akan bisa di minimalis dari tes tersebut.

H ngateman juga menjelaskan Bukan hanya atlet yang mengikuti tes kebugaran di Tim Pelatih juga dilakukan Tes Uji layak yang sudah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu, semua tidak lain untuk mengetahui program pelatih, target dan sasaran dari materi kepelatihan yang diberikan kepada atlet terutama untuk para atlet yang masuk Tim Puslatkab, ujarnya. (RF/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00