Seorang ABK Ketapang - Gilimanuk Menjadi Pasien ke 28 Positif Covid-19 di Banyuwangi

KBRN, Banyuwangi : Pasien terkofirmasi positif infeksi virus corona (Covid-19), di Kabupaten Banyuwangi bertambah satu, sehingga menjadi 28 orang. Berdasarkan inforasi dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Banyuwangi, pasien ke 28 tersebut adalah anak buah kapal (ABK) yang biasa beroperasi di penyeberangan Ketapang-Gilimanuk.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Banyuwangi, dr Widji Lestariono, Kamis (2/7/2020) mengatakan, pada 11 Juni pasien mengalami keluhan batuk, pilek dan panas, kemudian pada 19 Juni, yang bersangkutan berobat di rumah sakit, dan didiagnosa gejala demam berdarah, namun foto thorax terdapat  pneumonia, katika di rapid hasilnay reaktif.

"ketika hasil rapid test reaktif saat itu, pasien kita rujuk ke RSUD Blambangan dan ditetapkan sebagai PDP per 22 Juni, dan hasil mesin TCM di laboratorum RSUD Blambangan, dan hasilnya positif terjangkit virus Covid 19," ungkap dr Widji Lestariono.

Mesin TCM yang   sendiri merupakan berada di RSUD Blambangan adalah mesin untuk memeriksa virus TBC yang selama ini sudah dimiliki oleh Banyuwangi, yang  ditingkatkan fungsinya untuk bisa memeriksa Covid-19 dengan cartridge khusus yang dikirim dari Kementerian Kesehatan, sehingga Jadi, RSUD Blambangan saat ini sudah bisa melakukan pemeriksaan swab.

Dengan demikian kini, jumlah total pasien positif covid-19 di Banyuwangi mencapai 28 pasien, 9 orang diataranya sembuh, 18 orang dalam perawatan, dan 1 orang meninggal.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00