Kampung Tangguh Di Bondowoso Dinilai Efektif Cegah Transmisi Lokal Covid-19

KBRN, Bondowoso: Dibentuknya Kampung Tangguh di 23 Kecamatan dinilai sangat efektif menangkal penyebaran virus Corona secara transmisi lokal. Meski jumlah penderita Covid-19 di Kabupaten Bondowoso terus bertambah (28 kasus per tanggal 1 Julu 2020), namun angka tersebut merupakan penyebaran dari luar kota.

Kapolres Bondowoso, AKBP Erick Frendriz, menilai bahwa kampung tangguh dapat dikatakan berhasil. Kalau dilihat dari peningkatan penyebaran virus Corona dibanding kota lain, Kabupaten Bondowoso lebih sedikit.

" Di Bondowoso penyebaran transmisi lokal saya katakan hampir tidak terjadi itu yang saya anggap sebagai keberhasilan kampung tangguh,"katanya, Kamis (2/7/2020).

Meski demikian, Erick mengingatkan agar masyarakat tetap mengikuti protokol kesehatan yang ada. Sembari, menunggu persiapan bertahap yang sedang dilaksanakan menuju new normal. 

"Saya minta masyarakat sabar. Kalau kita liat sekarang kita zona kuning. Tentunya kita akan berusaha menuju zona hijau. Kita minta kesabaran masyarakat, pelan-pelan kita akan buka kegiatan yang diperbolehkan kemasyarakatan,"pungkasnya. 

Kapolres juga memberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi atas kinerja seluruh pihak selama penanganan Covid-19. Termasuk, kampung tangguh yang juga dinilainya cukup berhasil.

Untuk diketahui, kampung tangguh yang dilombakan di Kabupaten Bondowoso telah menghasilkan pemenang.

Diantaranya, Juara 1 dari Dusun Campoan Desa Cindogo Kecamatan Tapen, Bondowoso, Juara 2 dari RT.20 RW.01 Kelurahan Nangkaan Kec. Bondowoso, dan Juara 3 dari Dusun Krajan Utara, Desa Mengen, Kecamatan Tamanan. 

Selain itu, terdapat Juara Harapan 1 dari Dusun Krajan Desa Klampokan Kecamatan Klabang, Juara Harapan 2  dari Dusun Krajan Desa Walidono Kecamatan Prajekan. Serta, Juara Harapan 3  Dusun Krajan Desa Sumbergading Kecamatan Sumberwringin.

Data dihimpun, sejumlah TNI dan Polri yang berprestasi di antaranya, Brigadir Robby Lesmana, S.Psi Ba Polsek Bondowoso Kota, Kapten Inf. Edi Purwanto Danramil Tenggarang, Kepala Puskesmas Nangkaan, Kepala Puskesmas Prajekan, Perwakilan RSUD dr. Koesnadi, Perwakilan Klinik Paru dan Jantung RSUD dr. Koesnadi. (san)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00