Bertambah 31 Orang Positif COVID-19 di Situbondo

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Situbondo, Abu Bakar Abdi. (Foto Diana).

KBRN, Situbondo: Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Abu Bakar Abdi menyatakan, dari 37 sampel yang dikirim ke Balai Besar Tekhnis Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP), 31 dinyatakan positif dan 6 orang negatif.

"Sample yg keluar tanggal 30 Mei 2020, sebanyak 37 sample. Kasus confirm positif sebanyak 31 dengan rincian 16 orang dari Desa Olean Kecamatan Situbondo, 15 orang dari Desa Tenggir Kecamatan Panji," bebernya kepada RRI, Minggu (31/5/2020).

Kata Abu, 31 orang yang positif COVID-19 itu, 15 orang diantaranya tidak memiliki gejala atau orang tanpa gejala (OTG). Sedangkan 12 orang memang berada dalam pantauan (ODP) dan selebihnya sebanyak 4 orang merupakan pasien dalam pengawasan (PDP), yang menjalani perawatan di RSUD Abdoer Rahem.

"OTG yang positif sebanyak 15 orang, ODP 12 orang dan PDP sebanyak 4 orang," tegas Abu Bakar Abdi yang juga Plt Kepala Dinas Kesehatan itu.

Sebelumnya, puluhan orang yang dinyatakan reaktif hasil rapid test dikarantina di Hotel Sidomuncul-1 di kawasan Wisata Bahari Pasir Putih. Mereka menjalani karantina sembari menunggu hasil swab dari BBTKLPP Surabaya.

"Yang hasil swabnya positif virus corona kita pindah karantina di RSUD Abdoer Rahem," tegasnya.

Diinformasikan RRI sebelumnya, Masjid Baitur Rahman Desa Olean Kecamatan Situbondo, merupakan titik penularan virus corona. Masyarakat abai akan imbauan menghindari kerumunan sehingga penularan COVID-19 terjadi.

Terbukti, dua orang takmir masjid Baitur Rahman Desa Olean, tercatat sebagai pasien dalam pengawasan (PDP). Hawatir menularkan kepada jemaah lainnya, tim gugus tugas melakukan rapid test massal termasuk kepada keluarga jemaah.

"Kita dapatkan 40 lebih yang reaktif dan kita tes swab, ternyata 31 positif. Kami hawatir jumlah ini akan terus bergerak, karena swab yang kami kirim belum turun semuanya," imbuh Abu Bakar Abdi.

Dengan demikian, total terkonfirmasi COVID-19 di Situbondo mencapai 51 orang. Karena sebelumnya, sudah ada 20 orang yang dinyatakan positif, namun 11 orang diantaranya sudah dinyatakan sembuh, 2 orang meninggal dunia dan 7 orang lainnya mendapat perawatan medis dan menjalani isolasi mandiri.

Rapid test terus dilakukan di dua desa yaitu di Desa Olean Kecamatan Situbondo dan di Desa Tenggir Kecamatan Panji. Tempat keramaian seperti pasar dan lainnya menjadi sasaran dilakukannya rapid test.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00