Dinkes Banyuwangi : Waspadai 3 Penyakit Musim Penghujan

KBRN, Banyuwangi : Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi, meminta masyarakat mewaspadai serangan penyakit yang sering kali muncul di musim penghujan, seperti demam berdarah dengue (DBD), diare. dan gatal-gatal. Hal tersebut dikatakan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, Dr Widjilestariono, Jum'at (17/1/2020), menurutnya dimusim penghujan banyak genangan air yang dapat dijadikan sebagai lokasi perkembangbiakan nyamuk, yang menjadi penyebab penularan penyakit gatal dan demam berdarah.

“Untuk mengantisipasi serangan tiga penyakit tersebut, jajaran Dinkes Banyuwangi diterjunkan ke lapangan untuk mengajak masyarakat membiasakan pola hidup bersih dan sehat,” ujar Dr Rio, Jum'at (17/1/2020).

Selain itu, seluruh Puskemas digerakkan untuk menjadi inisiator gerakat serentak pemberantasan sarang nyamuk (Gertak PSN), bersama masyarakat delakukan gerakan masal menguras bak mandi, menutup wadah penampungan air bersih, dan mengubur barang bekas yang dapat menampung air hujan.

"Setiap Jum'at masing - masing Puskemas menerjukan kader juru memantau jentik (Jumantik), untuk melakukan pengecekan sekaligus menguras, genangan - genangan air yang ada, agar nyamuk tidak bisa berkembang biak," jelas Dr Rio.

Masyarakat diminta waspada dan menjaga kebersihan sanitasi, diri sendiri, serta lingkungan sekitar, serta tetap menjaga kesehatan, meningkatkan daya tahan dan kebersihan diri sendiri, serta lingkungan dalam rangka mencegah timbulnya berbagai penyakit. Foto Antara

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00