"Bulan Timbang" Pemkab Jember Komitmen Perangi Stunting

KBRN Jember : Persoalan Stunting menjadi pekerjaan rumah tersendiri yang harus diselesaian oleh Pemerintah, karena stunting bisa mengganggu perkembangan anak yang notabene Generasi Bangsa Indonesia. Pemerintah kabupaten jember dan pihak terkait melakukan penimbangan selama satu bulan penuh dalam rangka memenuhi target “Bulan Timbang” di bulan ini. Untuk mendapatkan data timbang seratus persen maka perlu dilakukan berbagai cara salah satunya dengan mendatangi balita secara langsung.

“Sumbersari Stunting adalah suatu kondisi dimana tinggi badan seorang anak lebih pendek dari seusianya ini terjadi karena kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang yang terjadi dalam jangka waktu yang Panjang. Sehingga secara fisik dapat dilihat jika seorang anak yang mengalami stunting akan mempunyai tinggi badan yang lebih pendek dari anak seusianya.Di Indonesia ada dua kali bulan timbang yaitu di bulan februari dan bulan agustus, penimbangan dilakukan satu bulan penuh agar semua balita tidak melewatkan penimbangan”. Demikian yang diungkapkan DR. Dian Alfiatul selaku kepala Puskemas Sumbersari kepada RRI senin (08/08/22)

Dirinya juga berharap agar semua ibu yang mempunyai bayi serentak bisa pergi ke Posyandu agar semua balita ditimbang dibulan agustus untuk bisa mengetahui capaian angka stunting di Indonesia. Di kecamatan Sumbersari ada sekitar lima ribu balita yang akan dilakukan penimbangan, jika ada balita yang tidak bisa datang ke Posyandu maka pihaknya akan langsung datang ke tempat yang bersangkutan untuk melakukan penimbangan secara langsung, hal ini dilakukan untuk mendapatkan data timbangan seratus persen di kecamatan Sumbersari (jho/dyt).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar