Sejumlah Elemen Masyarakat Lumajang Antispasi Meluasnya PMK

KBRN Lumajang : Berbagai pihak di Lumajang Jawa Timur hingga saat ini terus mengantisipasi semakin meluasnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)

Menurut Babinsa Umbul Pos Koramil 0821/05 Kedungjajang Lumajang Serda Hadi Susanto memberikan pendampingan kepada pemilik ternak, untuk mengantisipasi Penularan PMK, di Dusun Krajan Desa Umbul Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang.

Saat kegiatan tersebut, Serda Hadi Susanto juga menyampaikan, bahwa pendampingan yang dilakukan fokus pada upaya pencegahan, yakni dengan memberikan sosialisasi dan tindakan pemberian vitamin hingga penyemprotan kandang milik warga memelihara sapi, dengan cairan disinfektan.

Lanjut dia, sosialisasi menekankan pada pemberian pemahaman pada masyarakat, tentang PMK itu sendiri. Penyakit tersebut, disebabkan oleh virus yang bersifat merusak jaringan sel. Dan, kerugiannya bukan hanya dirasakan oleh peternak, namun juga dapat dirasakan oleh masyarakat luas.

"Kegiatan yang kami lakukan saat ini bersama stakeholders terkait, merupakan rangkaian dari kegiatan yang sudah dilakukan di hari-hari sebelumnya. Kami pastikan masyarakat sudah mengerti, sehingga yang pertama tidak panik kemudian tau apa yang seharusnya dilakukan," ujarnya Kamis (30/6/2022).

Hadi menambahkan, bahwa dirinya memperluas Open Contact karena, dengan menyebar nomer pelayanan pada masyarakat, guna memprioritaskan laporan jika perlu tindakan cepat.

"Open Contact maksudnya, informasi awal melalui saluran selular kami buka seluas-luasnya. Percepatan penanganan disini kami siagakan, tujuannya yang paling mendasar yakni mendukung upaya pemerintah melalui dinas terkait, mencegah meluasnya wabah," imbuhnya.

Dirinya juga berharap, dengan didukungnya tingkat pemahaman yang baik oleh masyarakat, maka setiap tahapan penanganan akan berjalan baik dan hasilnya sesuai dengan seperti apa yang diharapkan. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar