Kasus DBD Dilaporkan Mulai Jangkit Anak-Anak di Jember

KBRN,Jember: Kasus Demam Berdarah (DBD) ditemukan menjangkit anak-anak di Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates,Jember. 

Sepekan terakhir tercatat ada sebanyak lima pasien anak-anak berdomisili dalam satu lingkungan (RT) harus dilarikan ke Puskesmas akibat virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti.

"Sepekan ini saja ada sekitar 5 orang mayoritas anak-anak yang terkena DBD, hari ini juga dilakukan fogging atau penyemprotan rumah warga guna antisipasi DBD," ujarnya Galih Mega, Warga Perumahaan Darma Alam, Sempusari, Kamis (30/6/2022).

Sementara PLT Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, Lilik Lailiyah mengatakan dari pantauan pihaknya, Kasus DBD saat ini memang mulai terjadi di beberapa kecamatan, Namun belum sebagai kategori endemik.

"Dari data dan laporan petugas di lapangan,  emang saat ini sudah terjadi kasus DBD," jelasnya 

Kendati begitu, Dinas Kesehatan Kabupaten Jember tetap melakukan upaya pencegahan dan pengendalian DBD terutama ditengah anomali cuaca saat ini.

Untuk mengantisipasi DBD, Lilik mengingatkan, warga untuk rajin membersihkan saluran air seperti got di depan rumah. 

"Saya kira ini Jumantik (juru pemantau jentik) perlu digerakkan kembali untuk segera mengidentifikasi nyamuk aedes aegypti," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar