Pemerintah Lumajang Cegah Wabah PMK

KBRN Lumajang : Pemerintah Kabupaten Lumajang Jawa Timur bersama jajaran terus cegah semakin meluasnya virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)

Menurut Bupati Lumajang Thoriqul Haq, pemerintah bersama dengan TNI dan Polri terus bersinergi, untuk membatasi mobilisasi hewan yang sakit agar di sterilisasi, diberikan vitamin sehingga sehat kembali agar harga jual tetap stabil.

"Penyemprotan disinfektan di areal pasar hewan, dalam rangka sterilisasi pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku ( PMK ) di wilayah Kabupaten Lumajang telaj dilakukan mengingat pasar merupakan tempat hilir mudik jual beli hewan baik sapi maupun kambing," Katanya Jumat, (27/05/2022) 

Bupati menghimbau, sapi yang mengalami tanda-tanda sakit, agar segera diperiksakan dan mengecek kesehatan ternaknya kepada Dinas terkait, dan tidak boleh dibawa ke pasar untuk dijual karena dikhawatirkan akan menyebar kepada ternak yang lainnya.

"Apabila terdapat hewan yang terkonfirmasi, jangan dikeluarkan dari kandang atau pisahkan dengan yang lainnya agar tidak menyebar kemana-mana," Katanya. 

Diharapkan, dari serangkaian langkah yang ditempuh, akan menuai hasil dengan kembali normalnya situasi dan keadaan seperti sediakala. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk langkah atau upaya dalam rangka antisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku ( PMK ) di wilayah Kabupaten Lumajang.

Sementara itu Kapolres Lumajang menegaskan, jika pihaknya siap mendukung upaya pemerintah dalam hal penanganan wabah tersebut. 

Dengan inisiatif dan ide kreatif, yang sebelumnya telah digiatkan hingga lini tingkat desa melalui Bhabinkamtibmas disetiap wilayah polsek jajaran.

"Bhabinkamtibmas sudah disiagakan mengawal atau mendampingi petugas penanganan wabah PMK di tingkat desa, sehingga lebih mudah memetakan, mendata dan melakukan upaya lanjut terlebih karantina atau pemisahan bagi hewan yang terindikasi," kata Kapolres Lumajang.

Kapolres Lumajang berharap, masyarakat menyadari upaya dan langkah yang dilakukan, yang mana tujuannya tidak lain, semata-mata demi kebaikan masyarakat itu sendiri.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar