Waspada Hepatitis, Ketahui Penyebabnya

Kepala Dinas Kesehatan Bondowoso dr Moh Imron

KBRN, Bondowoso : Hepatitis adalah peradangan pada hepar atau liver, yang saat ini merebak diberbagai belahan dunia termasuk di Indonesia. Penyakt yang menyerang liver tersebut disebabkan virus tersebut tidak hanya berasal dalam makanan dan minuman saja, melainkan juga disebabkan karena bahan-bahan yang toxic yang membuat fungsi liver terganggu. Bahkan, obat-obatan yang dikonsumsi tidak teratur dan tidak sesuai dosis juga dapat menjadi salah satu penyebabnya. 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bondowoso, dr Mohammad Imron mengatakan, beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang tertular penyakit ini adalah pola hidup bersih dan sehat yang tidak baik. Oleh sebab itu, untuk menghindarinya dapat dilakukan dengan cara, menghindari tempat makan yang kurang bersih. Kebiasaan lain yang paling mudah dilakukan adalah membiasakan mencuci tangan sebelum makan dan minum, kemudian menghindari makan bersama, yang memiliki potensi penggunaan alat makannya bergantian. 

"Intiny harus hati - hati, kalu beli makanan, misal asal panas beli, terus minumnya juga tidak teratur. Itu juga dapat menyebabkan liver terganggu," tegasnya.

Di Bondowoso sendiri rupanya sudah ada dua kasus hepatitis pada tahun ini, namun setelah dilakukan pemeriksaan ternyata bukan hepatitis akut seperti yang ramai diperbincangkan. Ternyata, mengkonsumsi obat juga dapat menjadi penyebab terkena jenis penyakit ini.

Satu orang yang terinfeksi hepatitis adalah seorang hepatitis, dengan usia lebih dari 16 tahun. Ternyata, yang bersangkutan sudah meninggal dunia meski sudah mendapatkan perawatan di salah satu rumah sakit setempat. 

"Bukan hanya karena hepatitis. Tapi ada komplikasi, yang pasti bukan hepatitis yang saat ini viral," imbuhnya.

Kemudian satu orang lainnya, yang terkonfirmasi hepatitis adalah seorang bayi yang masih berumur satu tahun. Walaupun setelah dilakukan pemeriksaan, enzim livernya masih dibawah 100. Maka tidak masuk dalam kriteria yang ditentukan oleh Kemenkes dan WHO. Terlebih kriteria hepatitis terdiri dari A,B,C,D dan E. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar