FOKUS: #VAKSIN COVID

Vaksinasi COVID-19 Untuk Anak di Situbondo Sudah Dimulai

Siswi Sekolah Dasar Islam Al-Munir di Kecamatan Banyuglugur. Rabu (26/1/2022) (Foto Diana Arista)

KBRN, Situbondo : Vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, sudah dimulai.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo, Dwi Herman Susilo, vaksinasi terhadap anak sudah dimulai sejak minggu kemarin, dengan jumlah sasaran 30.162 untuk siswa SD. Sedangkan untuk siswa MI masih dalam pendataan. 

“Kita sudah mulai melakukan vaksinasi terhadap anak usia sekolah tingkat SD/MI,” ujarnya kepada RRI, Rabu (26/1/2022).

Vaksinasi COVID-19 terhadap anak ini menggunakan vaksin Bio Farma atau Coronavac sesuai dengan ketentuan yaitu, diberikan sebanyak dua kali dengan interval minimal 28 hari melalui suntikan intramuscular di bagian lengan atas.

“Dosisnya 0,5 ml. Dan anak yang akan divaksin ini dipastikan sudah sarapan atau makan siang,” bebernya.

Kata Dwi Herman, pelaksanaan vaksinasi untuk anak ini bisa dilakukan di puskesmas, rumah sakit, fasilitas pelayanan kesehatan pelaksana vaksin atau membuka pos pelayanan vaksinasi di sekolah atau satuan pendidikan lainnya.

“Jadi tidak hanya dilakukan di sekolah saja. Bisa juga di puskesmas terdekat. Intinya, vaksinasi terhadap anak sudah bisa dilayani,” tegasnya.

Menurut catatan Satgas Penanganan COVID-10 Kabupaten Situbondo, hingga saat ini sudah ada 450 anak yang melakukan vaksinasi bio farma atau coronavac. 

“Vaksinasi masih terfokus di sekolah SD. Tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan di tempat lainnya,” tutupnya. (din/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar