FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Capaian Vaksinasi Rendah, Petugas Jemput Warga Untuk Divaksin

Petugas membuat terobosan melakukan vaksinasi door to door, karena tempat layanan vaksinasi seperti Polkes Kodim, Klinik Polres, Puskesmas dan lainnya sepi peminat vaksin. Kamis (2/12/2021) (Foto Diana Arista)

KBRN, Situbondo : Cakupan vaksinasi di Kabupaten Situbondo masih berada di kisaran angka 60,3 persen dari 548.304 sasaran. Pemkab menargetkan, akhir tahun 2021, cakupan vaksinasi bisa mencapai 70 persen.

Sekretaris Dinas Kesehatan Situbondo, Rina Widharnarini mengaku, sasaran vaksinasi saat ini makin sulit. Hal itu diakuinya karena sepinya warga di setiap pusat pelayanan vaksinasi seperti di Polkes Kodim dan di Klinik Polres setempat.

"Vaksinasi sekarang makin sulit sasaran. Akhirnya kami jemput bola berkunjung ke rumah warga bersama dengan tim vaksinator," ujarnya kepada RRI, Kamis (2/12/2021).

Ia menilai, bahwa warga yang belum mendapatkan vaksin dosis pertama adalah mereka yang perlu mendapatkan edukasi terkait vaksinasi. Karena faktanya, masih ada masyarakat yang tidak mempercayai pendemi virus corona.

"Mungkin yang belum vaksin ini, mereka yang perlu edukasi atau penjelasan tentang vaksin COVID-19," bebernya.

Kegiatan vaksin dari rumah ke rumah ini melibatkan lintas sektor yaitu Kodim, Polres, Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM), Desa dan Kelurahan di masing-masing kecamatan.

"Kita melibatkan lintas sektor. Ada tim lengkap. Mulai dari Babinsa, Babinkamtibmas, Puskesmas, dan pihak desa atau kelurahan," tegasnya.

Vaksinasi dari rumah ke rumah ini dimulai sejak 29 November 2021. Hal ini sebagai  tindaklanjut dari arahan Bupati Situbondo, Karna Suswandi yang menilai vaksinasi bergerak lamban karena masih menyentuh 60 persen dari target sasaran.

"Kita masih berkutat di Kecamatan Panji. Dan kita akan lakukan di kecamatan lainnya, agar capaian vaksinasi bisa mencapai 70 persen di akhir tahun," bebernya.

Pantauan RRI, capaian vaksinasi per 1 November 2021 yaitu 60,3 persen dari 548.304 sasaran. Dari akumulasi tersebut, vaksinasi terhadap lansia berada di capaian terendah yaitu 37,7 persen atau sebanyak 32.588 orang yang sudah divaksin dosis pertama, dari 86.422 sasaran.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar