FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Percepat Vaksinasi di Kalangan Pelajar, Puskesmas Lakukan Vaksinasi di Sekolah

Pemkab Situbondo telah mencanangkan vaksinasi terhadap pelajar jenjang SMP dan SMA sederajat, pada Senin, 26 Juli 2021. (Foto Diana Arista)

KBRN, Situbondo : Untuk mempercepat vaksinasi terhadap pelajar jenjang SMP dan SMA sederajat di Situbondo, Puskesmas Panarukan akan melaksanakan kegiatan vaksinasi, yang ditempatkan di Aula SMA 1 Panarukan.

Kepala Puskesmas Panarukan, Dokter Imam Hariyono mengaku, percepatan vaksinasi terhadap pelajar harus dilakukan, guna mempercepat herd immunity atau kekebalan kelompok kalangan pelajar.

"Ini juga dalam rangka persiapan kegiatan belajar mengajar tatap muka. Dan saya yakin, anak-anak sudah rindu sekolah," ujar Imam kepada RRI, Selasa (27/7/2021).

Katanya, kegiatan vaksinasi di SMA 1 Panarukan adalah gagasan dari pihak sekolah. Sebelumnya pihak puskesmas sudah melakukan kegiatan vaksin terhadap pelajar, namun cakupannya masih rendah.

"Begitu pihak sekolah meminta kami untuk melakukan kegiatan vaksin di sekolah, kami langsung menyambut dengan antusias," ucapnya.

Dokter yang dikenal ramah ini mengemukakan, vaksinasi sangatlah penting, dalam rangka memutus penyebaran virus corona, yang belakangan ini kasusnya terus bertambah. 

"Perlu diingat, pasien COVID-19 yang meninggal, mayoritas belum divaksin," ujarnya.

Informasi dihimpun RRI, cakupan vaksinasi di Situbondo masih sangat rendah, yakni 20 persen dari 470 ribu sasaran. Masyarakat banyak yang menolak vaksin, akibat dari banyaknya berita hoaks melalui sosial media, bahwa vaksinasi bisa mengakibatkan kematian.

Berbagai upaya dilakukan pemerintah, guna mencapai target vaksinasi, seperti mencanangkan vaksinasi terhadap kalangan pelajar, dan mengumpulkan tokoh masyarakat agar mereka ikut menyosialisasikan pentingnya vaksin COVID-19.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00