Pemkab Situbondo Menunjuk RSMS Sebagai Tambahan Rumah Sakit Rujukan Pasien COVID-19

Rumah Sakit Mitra Sehat (RSMS) sejak Rabu, 23 Juni 2021 ditunjuk Pemkab Situbondo sebagai rumah sakit rujukan pasien COVID-19. Setelah dua rumah sakit rujukan terisi penuh pasien yang terpapar Coronavirus. Rabu (23/6/2021) (Foto Diana Arista).

KBRN, Situbondo : Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, menunjuk Rumah Sakit Mitra Sehat (RSMS) sebagai rumah sakit rujukan COVID-19, seiring dengan lonjakan kasus Coronavirus.

"Sesuai petunjuk Bupati, kami menunjuk RSMS menjadi rumah sakit rujukan COVID-19, sebab dua rumah sakit yakni RSUD Abdoer Rahem dan RS Elizabeth, sudah penuh," ujar Sekda Pemkab Situbondo, Syaifullah, Kamis (24/6/2021).

Syaifullah mengaku, Rabu kemarin ada tambahan 55 orang yang terpapar virus corona, sehingga dua rumah sakit rujukan terisi penuh, bahkan ada beberapa pasien yang mengantre. 

"Sehari kemarin tambahannya 55 orang. Sementara rumah sakit rujukan COVID-19 penuh. Akhirnya kita menunjuk RSMS, agar pasien bisa tertangani," terang Syaifullah.

Kata Syaifullah, petugas dari Dinas Kesehatan setempat sebelumnya memang sudah melakukan visitasi kelaikan ke RSMS untuk dijadikan rumah sakit rujukan, sebagai bentuk antisipasi terjadinya lonjakan kasus COVID-19. 

"Siang kemarin petugas Dinas Kesehatan sudah melakukan visitasi ke Mitra Sehat. Hasilnya, rumah sakit swasta itu layak menjadi rumah sakit rujukan," bebernya.

Sementara itu, Owner RSMS Imam Hidayat mengaku, memang sudah menyiapkan sarana prasarana yang dibutuhkan. Sehingga ketika pemerintah daerah menunjuk Mitra Sehat sebagai rumah sakit rujukan pada Rabu, 23 Juni 2021, pihaknya langsung bisa memberikan pelayanan.

"Kami memang sudah menyiapkan satu ruang ICU COVID-19 dan 16 tempat tidur non-ICU atau ruang isolasi bagi pasien COVID-19," terangnya. 

Dari 16 tempat tidur yang disediakan untuk melayani pasien COVID-19, 14 tempat tidur sudah terisi dan tersisa dua tempat tidur. Namun jika memang terjadi lonjakan lagi, maka RSMS akan menambah ruang non-ICU pasien COVID-19. 

"Kemarin sore langsung terisi 14 pasien COVID-19. Jadi masih tersisa dua bed," tegas Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) itu.   

Pantauan RRI, terjadi lonjakan kasus COVID-19 di Kabupaten Situbondo. Rabu, 23 Juni 2021 ada tambahan 55 orang terpapar virus corona sehingga dua rumah sakit rujukan, yakni RSUD Abdoer Rahem dan RS Elizabeth, yang menyediakan 60 tempat tidur, terisi penuh. 

Jika dilihat dari jumlah sebaran orang yang terpapar COVID-19, Kabupaten Situbondo berada di urutan ke 14 dari 38 kabupaten/kota yang ada di Jawa Timur. 

Total kasus terpapar COVID-19 di hingga Rabu, 23 Juni 2021 mencapai 2.789 orang, dengan rincian, 2.419 dinyatakan sembuh, 218 meninggal dunia, dan 152 sedang dalam perawatan (26 di rumah sakit, 4 di gedung observasi, dan 122 isolasi mandiri).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00