FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Banyuwangi Kembali Terima 48 Ribu Dosis Vaksin Sinovac

KBRN, Banyuwangi : Pemerintah Kabupaten Banyuwangi kembali menerima 48.000 dosis vaksin jenis Sinovac, dari pemerintah Provinsi Jawa timur. Puluhan ribu vaksin tersebut diperuntukkan 24 ribu sasaran, yang menjadi prioritas, yakni kelompok lansia, penyandang disabilitas dan santri.

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr Widji Lestariono, Selasa (22/6/2021) mengatakan, 48 ribu vaksin sinovac sudah berada di Banyuwangi sejak pekan lalu, dan saat ini sudah didistribusikan di seluruh fasilitas kesehatan, yang melayani vaksinasi, dan pada pekan ini diharapkan proses vaksinasi sudah dilaksankan.

"Karena yang datang vaksin sinovac, langsung kita untuk vaksinasi dosis 1 dan 2, sehingga 24.000 sasaran yang nantinya menjadi sasaran vaksinasi ini," ungkap dr Widji Lestariono.

Dr Widji Lestariono menambahkan, rentang masa vaksinasi jenis Sinovac cukup pendek, yaitu 28 hari, sehingga begitu datang langsung dialokasikan untuk vaksinasi dosis 1 dan 2, yang nantinya diprioritaskan untuk lansia, karena memang capaian vaksinasi untuk lansia di Banyuwangi baru 88 persen dari yang ditargetkan oleh Provinsi.

"Untuk target Vaksinasi Lansia kita baru mencapai 88 persen, dari jumlah 87927 yang ditargetkan, sehingga vaksin yang baru datang kita prioritaskan untuk usia rentan seperti lansia, dan pra lansia yang berumur 50-60 tahun," jelas Widji Lestariono.

Sebagai informasi sampai dengan saat ini, Banyuwangi mengklaim,  capaian vaksinasi Covid-19, sudah mencapai lebih dari 243.000 dari jumlah total sasaran yang mencapai 1,3 juta jiwa. Meski capaian vaksinasi cukup siginifikan, gugus tugas Covid-19 mau mengharapkan masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan, mulai dari mengunakan masker, menjauhi kerumunan, hingga rajin cuci tangan mengunakan sabun (handsanitazer), sebagai langkah pencegahan terpapar Covid-19.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00