Banyuwangi Mulai Vaksinasi 150.000 Lansia

Vaksinasi lansia.jpg
Vaksinasi lansia.jpg

KBRN, Banyuwangi : Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi, menggencarkan upaya vaksinasi Covid-19 untuk kalangan lanjut usia (lansia). Proses vaksinasi yang dimulai pekan iki, diharapkan mampu menjangkau 150 ribu lansia, yang menjadi sasaran vaksinasi Covid-19, hingga bulan Juni mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr Widji Lestariono, Selasa (19/5/2021) mengatakan, proses vaksinasi terhadap lansia tersebut pelaksanaanya diserahkan ke 45 puskesmas yang ada di Banyuwangi, dan mekanismenya sepenuhnya diatur oleh puskesmas tergantung dengan kondisi dilapangan.

"Vaksinasinya kita mulai pekan ini, dan mekanismenya kita serahkan kemasing - masing puskesmas, ada yang dilaksanakan di balai desa, ada yang di Puskesmas pembantu (Pustu), atau ditempat lainnya, sesuai dengan kondisi dilapangan, karena memang sasarannya kepada lansia yang membutuhkan trik khusus," ungkap dr Widji Lestariono.

Dalam pelaksanaan vaksinasi terhadap lansia, tetap berpedoman pada Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan, termasuk dalam penerapan protokol kesehatan (prokes)  mulai pendaftaran (pencatatan), screening (pemeriksaan kesehatan), penyuntikan vaksin, dan observasi.

Vaksinasi ini adalah ikhtiar untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, meski demikian masyarakat yang sudah divaksin diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti mengunakan masker, rajin cuci tangan mengunakan sabun atau mengunakan handsanitazer, serta menjauhi kerumunan, karena saat ini dengan patuh terhadap protokol kesehat merupakan salah satu upaya mencegah penyebaran Covid-19.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00