Pekerja Migran Indonesia Asal Bondowoso Dipastikan Aman Dari Covid-19

Kepala Dinas Kesehatan Bondowoso dr. Moh. Imron

KBRN, Bondowoso: Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bondowoso sekaligus juru bicara tim satgas Covid-19, dr. Moh. Imron memastikan seluruh Pekerja Imigran Indonesia (PMI) Bondowoso aman dari Covid-19.

Pasalnya, sebelum kembali ke rumahnya masing-masing, mereka terlebih dahulu menjalani tes covid-19. Agar diketahui, apakah mereka terpapar virus korona atau tidak. 

"Setelah dilakukan tes Covid-19, mereka dinyatakan negatif dan diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing," jelasnya, Senin (10/05/2021). 

Ketika disinggung, tes covid-19 itu berupa rapid antigen ataupun Genose atau PCR SWAB, Imron pun menegaskan, bahwa PMI tersebut dites dengan PCR. “Mereka semua tes covid-19 PCR SWAB. Bukan rapid antigen,” imbuh pria yang akrab disapa dokter Imron ini.

Untuk diketahui, para PMI itu sudah dikarantina selama dua hari di Asrama haji Sukolilo Surabaya, setelah mendarat di Bandara Internasional Juanda Surabaya, di Sidoarjo. 

Mereka dijemput oleh Bagian Perhubungan Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) Bondowoso. Sesampainya di Bondowoso, para PMI ini kembali menjalani serangkaian tes kesehatan.

Secara terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dan Perhubungan (DLHP) Aries Agung Sungkowo mengatakan, pihaknya menjemput PMI dari Surabaya. Tentunya bersama petugas dari Dinas Kesehatan Bondowoso. 

“Sesampainya di Bondowoso, para PMI menjalani tes kesehatan lagi,” terangnya.

Sebelumnya, Pemkab Bondowoso membentuk satgas untuk mengantisipasi kedatangan pekerja migran Indonesia/warga negara Indonesia (PMI/WNI) dari luar negeri. Hal tersebut sebagai tindak lanjut dari larangan mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, terhitung sejak 6-17 Mei 2021.

Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat menerangkan, sekitar 400 warga Bondowoso yang resmi tercatat berada di luar negeri. Namun, tidak bisa dipastikan, apakah mereka akan pulang kampung semua atau tidak. “Satu, kami mengantisipasi. Kedua, mereka bisa-bisa dipastikan pulang yang habis kontrak kerjanya,” katanya. 

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, total ada 12 Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Bondowoso yang kembali ke kampung halamannya tahun ini. Mereka, kebanyakan bekerja di negeri Jiran, Malaysia dan beberapa Negara tetangga. (san)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00