Memasuki Hari ke 12 Ramadhan, Harga Bapokting di Jember Cenderung Menurun

KBRN - Jember: harga-harga sembako memasuki pertengahan bulan ramadhan ini ada kecenderungan menurun. Meskipun harga sembako tersebut mengalami penurunan tetapi alur distribusi lancar aman dan terkendali. 

"Pasokan bahan yang lebih dan cukup serta daya beli masyarakat yang lemah merupakan pemicu utama terhadap keberadaan barang yang melimpah, akhirnya harga mengalami penurunan," demikian disampaikan pencatat Bapokting Pasar Tanjung Jember Iskandar, selasa (5/5/2020).

Iskandar mengatakan bahwa sejak pekan terakhir harga harga kebutuhan pokok penting mengalami penurunan yang cukup siginifikan. Otomatis akan lebih meringankan daya beli masyarakat sebagai konsumen. Selain itu memang disebabkan oleh pandemi virus corona yang menyebabkan perdagangan di pasar mengalami kelesuan tetapi barang sembako untuk kepentingan masyarakat tersedia lebih dari cukup, ujarnya.

Diakui atau tidak bahwa dengan pandemi virus corona  warga masyarakat Jember telah mendisiplinkan diri untuk beraktifitas di rumah. Keluar rumah dilakukan hanya untuk hal hal yang sangat penting dan mendesak seperti berbelanja. Praktis hal ini berpengaruh langsung terhadap turunnya harga harga kebutuhan pokok di pasar. 

"Tidak seperti biasanya pada saat hari normal menjelang lebaran banyak warga masyarakat yang melakukan pembelian kebutuhan pokok berskala besar. Tetapi hal ini sangat terasa dan berbeda jauh dengan kondisi sekarang ini di saat pandemi virus corona justru masyarakat lebih berhemat," pangkasnya. 

Sementara itu update data harga yang mengalami penurunan diantaranya telur 18 ribu/kg, daging ayam potong 24 ribu/kg,  gula 16,5/kg, bawang putih 24 ribu /kg, bawang merah 40 ribu/kg, cabe seret merah 16 ribu /kg dan cabe besar merah 18 ribu/kg. Dengan demikian warga masyarakat Jember tidak perlu panik stock ataupun panik buying karena stock bahan pangan Jember tersedia dengan cukup untuk pra maupun pasca lebaran mendatang  (Sanjoko Ade).

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00