Harga Ayam Broiler di Situbondo Anjlok, Hanya Rp16 Ribu Per Kilogram

KBRN, Situbondo: Harga ayam ras pedaging (broiler) yang lebih dikenal dengan ayam potong di Situbondo, Jawa Timur, anjlok. Sebelumnya, harga daging ayam potong berada dikisaran harga normal, yakni Rp28 ribu per kilogram. Saat ini anjlok Rp16 ribu per kilogram.

"Mulai kemarin harga daging ayam per kilogram Rp16 ribu," ujar Siti Sulaiha (45), warga Kecamatan Panji, Situbondo, Jumat (3/4/2020).

Meskipun harga daging ayam potong murah, Sulaiha yang kesehariannya berjualan pentol keliling, mengaku tetap membeli sesuai kebutuhan, yakni delapan kilogram.

"Sekarang kan lagi sepi, sejak ada virus corona. Biasanya tiap hari saya beli daging 12 kilogram, karena sepi ya hanya 8 kilogram," akunya sambil mencetak pentol.

Sementara itu Mu'ani, mengaku senang jika harga daging ayam potong murah. Ia bahkan membeli 2 kilogram untuk membuat pentol. Padahal ia jarang membeli daging ayam karena harganya dirasa cukup mahal.

"Karena harga daging murah, saya mau buat pentol," ujarnya.

Pantauan RRI, di tengah mewabahnya virus corona, hampir di semua pasar tradisional di Situbondo terpantau sepi. Sementara harga sejumlah bahan pokok, terpantau normal, seperti cabe Rp38 ribu per kilogram, bawang putih Rp35 ribu per kilogram, bawang merah Rp30 ribu per kilogram. Sedangkan harga gula pasir, masih terpantau tinggi, yakni Rp18 ribu per kilogram.

Situbondo merupakan salah satu kabupaten/kota di Jawa Timur, yang berada di zona merah. Bahkan, pasien yang dinyatakan positif terinfeksi coronavirus berada di urutan ketiga, dari 38 kabupaten/kota di Jatim.

Hasil rilis pemerintah kabupaten Situbondo, pada Kamis, 2 April 2020, tercatat, ada 6 pasien yang dinyatakan positif coronavirus, 4 pasien dalam pengawasan (PDP), dan 160 berstatus orang dalam pemantauan (ODP).

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00