Minyak Goreng Rp 14 Ribu Diserbu Warga Banyuwangi

antarafoto_harga_minyak_goreng_turun_190122_ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho

KBRN, Banyuwangi : Warga Banyuwangi khususnya kalangan ibu rumah tangga, menyerbu sejumlah pasar modern, untuk membeli minyak kemasan dengan harga Rp 14.000 perliternya. Harga minyak yang tergolong cukup murah tersebut, sedikit membantu masyarakat, di tengah mulai melonjaknya harga kebutuhan pokok, khususnya minyak goreng yang menembus lebih dari Rp 20.000 perliter, yang dijual dipasaran.

Salah satu warga kelurahan Penganjuran Banyuwangi, Made Rahayu mengaku sangat terbantu dengan program minyak satu harga tersebut, sehingga rela mengantri untuk membeli minyak kemasan dengan harga cukup terjangkau, menurutnya harga minya yang dipatok Rp 14.000 perliter cukup membantu mengurangi pengeluaran belanja ditengah meningkatnya harga sejumlah kebutuhan pokok di Banyuwangi.

"Ini cukup membantu, meskipun harus mengantri ya tidak apa - apa, cuma jangan panik buying juga, karena kasihan masyarakat lainnya yang membutuhkan," ungkap Made Rahayu, Jum'at (21/1/2022).

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskop UMP) Banyuwangi, Nanin Oktaviantie mengatakan, Banyuwangi mendapatkan kuota sebanyak 5000 liter untuk minyak kemasan dengan harga  Rp 14.000, untuk sementaranya pendistribusiannya baru dilaksanakan di pasar modern, rencanannya mulai besok secara bertahap akan disebar dibeberapa pasar yang ada di Banyuwangi, dengan pengawasan para petugas.

"Saat ini memang kita fokus di pasar modern, karena distributornya memasok langsung ke beberapa pasar modern, untuk dipasar kit amasih menunggu distributornya, dan pengawas kami akan mengawal, agar harganya benar - benar sesuai isntruksi dari pemerintah.

Diskop UMP Banyuwangi juga melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar modern, untuk memastikan harga minyak goreng kemasan sesuai dengan kebijakan Kementerian Perdagangan RI, yakni 14.000 per liter.  (sum/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar