Warga Lumajang Maksimalkan Potensi Desa Kelola Lingungan

KBRN Lumajang : Berbagai macam upaya dilakukan guna membedah potensi desa dan memaksimalkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Lumajang guna mensejahterakan Masyarakat Lumajang.

Salah satunya yakni dengan cara memaksimalkan potensi lahan kosong disekitar Rumah warga untuk ditanami kebutuhan sehari-hari guna dilombakan antar warga agar kedepanya memiliki nilai ekonomis tinggi. Menurut Eko Santoso Ketua RW 11 Kelurahan Jogotrunan Kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang, menyampaikan dengan adanya pawon urip tertantang untuk memberikan sesuatu yang lebih baik untuk warganya, meskipun di tengah kesibukan pekerjaan utamanya sebagai jurnalis. Seperti halnya saat ini, ia sedang fokus melakukan persiapan di lingkungan untuk mengikuti lomba pawon urip tingkat kabupaten, bersama Gerbangmas, Tokoh masyarakat, TP PKK Lingkungan RW 11, pengurus pawon urip Kelurahan Jogotrunan, pihaknya memantapkan kondisi fisik lahan dengan memperhatikan keaneka ragaman tanaman yang sudah dipersiapkan untuk kebutuhan lomba.

Ketika dikonfirmasi lebih lanjut terkait kegiatan lomba pawon urip Ketua RW 11 Kelurahan Jogotrunan tersebut mengatakan jika hal ini merupakan program trobosan TP PKK Kabupaten Lumajang yang bertujua untuk memanfaatkan lahan kosong serta dapat memiliki nilai ekonomi dalam memenuhi kebutuhan dapur keluarga. "Pawon urip ini sesungguhnya program terobosan Ning Farin, Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang. Salah satu tujuannya adalah untuk membangun rasa gotong royong warga sekaligus dapat memenuhi kebutuhan dapur," terangnya Senin (29/11/2021)

Lebih lanjut ia menyampaikan, kegiatan kerja bakti pawon urip di lingkungan RW 11 ini, untuk memanfaatkan lahan kosong yang sudah diijinkan oleh pemiliknya, dengan tujuan agar lingkungan nampak rapi dan indah.

Selain itu, tanaman yang ada di pawon urip nantinya dapat dimanfaatkan warga sekitar untuk kebutuhan sehari hari. "Intinya, kegiatan kerja bakti pawon urip kali ini bukan hanya karena ada lomba saja, lebih dari itu kami menginginkan program ini berkelanjutan. Kami ingin berbuat lebih kepada warga yang ada di lingkungan RW 11 ini, kami berupaya mengutamakan keperluan warga," Jelasnya. Program unggulan yang ada di Pawon urip sekartanjung dengan lakukan budidaya Lebah Klanceng dan tanaman Bunga Telang, karena sangat banyak manfaatnya "Pawon urip bisa hadirkan kualitas yang alami dan bisa meningkatkan kesejahteraan," tuturnya.

Sejauh ini berbagai macam kegiatan telah dilakukan oleh Pawon urip sekartanjung salah satunya yakni kegiatan jumat berkah yang mana bahan makanan yang didapat dari lahan pawon urip selain itu sejumlah kegiatan lain yakni melakukan kegiatan edukasi untuk anak dengan menggelar lomba mewarnai.

"Sekali lagi saya mengucapkan rasa terima kasih buat ibu ibu dan warga RW XI kelurahan jogotrunan yang dari awal sampai selesainya lomba bisa sukses dan berjalan aman lancar" tindasnya. KA

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar