Sandiaga Uno : Banyuwangi Etalase Ekonomi Kreatif Terbaik di Indonesia

KBRN, Banyuwangi : Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno menyebut Banyuwangi sebagai salah satu etalase ekonomi kreatif terbaik di Indonesia. Hal tersebut dikatakan Sandiaga Uno saat, bertemu dengan para pelaku ekonomi kreatif di Taman Gandrung Terakota.

Menurut Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, Banyuwangi adalah etalase ekonomi kreatif terbaik di Indonesia, karena ekosistem ini tetap hidup dan tidak rusak secara permanen karena minimnya kunjungan wisatawan akibat pandemi.

"Banyuwangi perlu besyukur karena hampir 17 sektor ekonomi berkembang di Banyuwangi, dan kita mengharapkan masyarakat desa di Banyuwangi semakin semangat untuk menggerakkan ekonomi dan membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya," ungkap Sandiaga Uno.

Kehadiran Sandi ke Banyuwangi dalam rangka melakukan penilaian langsung terhadap Desa Wisata Tamansari, Kecamatan Licin yang terpilih sebagai 50 finalis Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Dari pagi hingga petang, Sandi yang didampingi Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengunjungi sejumlah destinasi dan menggelar pertemuan dengan para pelaku ekonomi kreatif, bahkan melihat pembuatan barong Banyuwangi, yang dipahat oleh Mustaq Bilal. Selain itu, Sandi dan Ipuk juga mendapat hadiah berupa lukisan sketsa wajah mereka dari seniman disabilitas, Rizki.

Sementara itu, Bupati Ipuk menambahkan ekonomi kreatif telah menjadi salah satu tumpuan pertumbuhan ekonomi di Banyuwangi. Dengan tumbuhnya pariwisata di Banyuwangi membuat ekonomi kreatif turut berkembang, sehingga memberikan nilai tambah terhadap pembangunan pariwisata itu sendiri.

”Saat ini telah banyak bermunculan anak-anak muda Banyuwangi mengembangkan ekonomi kreatif seperti fesyen, seni pertunjukan, kriya, kuliner, dan musik. Ekonomi kreatif juga bisa menggenjot kinerja destinasi pariwisata,” kata Ipuk.

Banyuwangi terus memfasilitasi berbagai ruang anak-anak muda Banyuwangi untuk mengembangkan ekonomi kreatif, dengan pendekatan digitalisasi sehingga pelaku ekonomi kreatif dapat kian mahir teknologi, dengan berbagai program, seperti program 'Jagoan Bisnis' yang baru saja digelar Banyuwangi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00