Tunjang Produktifitas, Perempuan di Bondowoso Bekali Diri Dengan Wirausaha Online

Pembekalan Ibu Rumah Tangga Untuk Berwirausaha Online Oleh DPPKB Bondowoso

KBRN, Bondowoso : Untuk menjaga produktifitas dan keberlanjutan usaha, sejumlah ibu rumah tangga di Bondowoso membekali diri dengan mengembangkan usaha secara daring dengan berjualan di market place atau lapak online.

Selain pemasaran mereka juga dibekali terkait branding produk dan perijinannya, pengemasan yang sesuai SNI dan pemasaran melalui market toko modern.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Bondowoso, Agus Swardjito mengatakan, peserta kegiatan pemberdayaan perempuan tersebut diharapkan bisa membantu meningkatkan pendapatan keluarga. 

" Kita sosialisasikan kewirausahaan sekaligus permodalannya," jelasnya saat dikonfirmasi, Kamis (29/07/2021).

Untuk memberikan kemampuan tersebut, pihaknya menggandeng Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) setempat. Sementara untuk akses permodalannya melibatkan sebuah perbankan.

"Sebenarnya kegiatan ini rutin setiap tahun. Tetapi tahun ini ada pemotongan anggaran. Sehingga bantuannya tidak berupa bantuan alat," paparnya.

Tak hanya itu, dalam rangka pemberdayaan perempuan DPPKB Bondowoso juga membentuk 45 Kampung KB atau Kampung Keluarga Sejahtera di 23 kecamatan. Berbagai kegiatan di dalamnya termasuk kewirausahaan.

"Memang kampung sejahtera kita masih strata sederhana ya. Cuma ada beberapa yang kita jadikan unggulan dan bagus. Diantaranya di Desa Kerang Kecamatan Sukosari," jelas Agus.

Pihaknya berharap dengan adanya sosialisasi untuk ibu-ibu pelaku industri rumahan tersebut, dapat meningkatkan pengetahuan mereka. "Sehingga harapannya mereka bisa sejahtera dan mandiri," harap Kepala DPPKB Bondowoso tersebut. (san)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00