Antisipasi Kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri, BI Jember Siapkan Uang Rp 3,1 Trilyun

Uang

KBRN, Banyuwangi : Bank Indonesia (BI) Perwakilan Jember menyiapkan uang baru sebesar 3,1 triliun rupiah untuk memenuhi kebutuhan uang masyarakat selama bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H. Uang mencapai Rp 3,1 triyun tersebut disalurkan melalui perbankan yang berada diwilayah kerja BI Jember, yang meliputi Kabupaten Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso, Jember dan Lumajang.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jember, Hestu Wibowo, Senin (19/4/2021) mengatakan, berdasarkan proyeksi dari perbankan, kebutuhan uang Rupiah pada bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1442, diwilayah pelayanan BI Jember mengalami peningkatan sebesar 54,65% (yoy) dibandingkan realisasi tahun 2020 sebesar Rp1,959 triliun.

"Penyiapan uang mencapai Rp 3,1 trilyun tersebut meningkat jika dibandingkan pada tahun 2020 lalu yang hanya mancapai 1,9 trilyun rupiah," ungkap Hestu Wibowo.  

Dari nilai sebesar 3,1 trilyun rupiah, Kabupaten Jember menjadi wilayah tertinggi untuk alokasi penyediaan uang Rupiah sebesar 76,47%, diikuti Banyuwangi, Situbondo, Lumajang dan Bondowoso.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember akan selalu berkoordinasi dengan perbankan dan Penyelenggara Jasa Pengolahan Uang Rupiah (PJPUR) untuk memastikan dan menjamin tersedianya uang Rupiah yang layak edar bagi masyarakat.

“Yang jelas ketersediaan uangnya kita sudah jamin cukup, jadi masyarakat sudah tidak perlu kuatir,” tambah Hestu Wibowo.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00