FOKUS: #VAKSIN COVID-19

13.846 Warga Banyuwangi Telah Disuntik Vaksin Covid-19

KBRN, Banyuwangi : Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani terus memantau pelaksanaan vaksinasi covid-19 di wilayahnya. Dalam beberapa hari terakhir, Ipuk berkeliling ke sejumlah Puskesmas untuk memastikan vaksinasi berjalan lancar dan sesuai target.  

"Alhamdulillah, berkat dedikasi para tenaga kesehatan dan kesadaran masyarakat, saya melihat vaksinasi berjalan lancar, dan masyarakat juga sadar dan antusias menyambut vaksinasi," ungkap Ipuk, Sabtu (6/3/2021).

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan, per 5 Maret 2021, sebanyak 13.846 warga Banyuwangi telah disuntik vaksin covid 19. Mereka terdiri dari para tenaga kesehatan dan pelayan publik.

”Saya targetkan sekitar 17.000 warga sudah divaksin dalam pekan ini, maksimal awal pekan depan, sesuai dosis sasaran yang telah diterima Bayuwangi,” ujar Ipuk.

Ipuk menambahkan, untuk pelaksanaan vaksinasi tahap berikutnya, pihaknya menyiapkan fasilitas jemput bola vaksinasi Covid-19 untuk warga lanjut usia (lansia) dan penyandang disabilitas yang terkendala ke fasilitas layanan kesehatan.

”Kemarin sudah dirapatkan bareng Pak Sekda dan kepala Dinas Kesehatan, kita akan jemput bola vaksinasi untuk para warga senior dan penyandang disabilitas. Teknisnya sedang diatur,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr Widji Lestariono, Sabtu (6/3/2021) menambahkan, layanan jemput bola ini untuk memudahkan para warga lansia dan penyandang disabilitas.

"Kami akan data, jadi kalau memang tidak memungkinkan ke puskesmas, petugas yang datang ke rumah," kata Rio, sapaan akrabnya.

Nantinya petugas akan melakukan layanan vaksinasi di rumah atau satu lokasi terdekat dengan warga lansia dan disabilitas. "Tentu dengan tahapan yang sesuai disyaratkan Kementerian Kesehatan, mereka tetap akan melalui empat tahap saat proses vaksinasi nanti," urainya.

Rio menjelaskan jemput bola vaksinasi tersebut akan dilakukan saat tahap III yang diperuntukkan untuk masyarakat umum.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00