PPKM Mikro Di Bondowoso Bebaskan Satu RT Kecamatan Klabang Dari Covid-19

Salah Satu Posko PPKM Mikro Di Kecamatan

KBRN, Bondowoso : Pelaksanaan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro yang dicanangkan secara nasional dilakukan untuk memutus rantai penularan Covid-19 hingga di skala terkecil. 

Di Bondowoso hampir semua desa telah menjalankan PPKM Mikro ini.

Dari sekian banyak realisasi PPKM itu, ada satu kawasan yang bisa dikatakan cukup berhasil. Karena dengan menerapkan program ini mampu merubah kawasannnya dari zona orange menjadi zona hijau. 

Adalah Griya Klabang Permai, di Desa Klabang, Kecamatan Klabang RT 14 RW 03. 

Melalui tangan Ketua RT nya Aiptu Edi berhasil mengajak masyarakat untuk turut bagian dalam mensukseskan PPKM Mikro. 

Diawali dari warganya hasil rapid antigen secara mandiri menunjukkan hasil positif. Kemudian langsung, pasien itu dibawa untuk mendapatkan perawatan di rumah sakit. 

Selanjutnya diikuti tracing oleh Satgas dan tiga pilar. Hasilnya, ditemukan ada 13 orang dari enam keluarga terkonfirmasi Covid-19. 

Karena hasil itulah, akhirnya belasan warganya harus menjalani isolasi mandiri dan ada yang juga karantina di tempat yang telah disediakan. 

"Saya langsung mengajak para relawan PPKM mikro untuk melakukan penyemprotan disinfektan di sekitar RT 14," jelasnya.  

Ia mengaku terenyuh karena saat pihak keluarga pasien melakukan isolasi mandiri maupun karantina di tempat yg telah disediakan. Seluruh warga yang menajdi relawan di Posko PPKM Mandiri bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa secara sadar bergantian untuk meletakkan kebutuhan pangan berupa sembako di depan rumah para keluarga pasien Covid-19. 

"Ini bergantian untuk memberikan kebutuhan pangan," katanya. 

Bukan hanya itu, Pak RT Polisi ini- panggilan akrabnya, juga langsung menginstallkan aplikasi smart Bondowoso melalui handphone para pasien yang isolasi mandiri. 

Melalui aplikasi itu, katanya, bisa memantau warga yang menjalani isolasi mandiri. 

"Melalui aplikasi ini terhubung dengan handphone petugas satgas, Bhabinkamtinmas. Sehingga, warga saya betul-betul disiplin," jelasnya. 

"Warga saya jika keluar berapa radius berapa meter itu bisa dipantau. Bahkan, keluar berapa radius saja alarm handphone  bisa langsung bunyi," ungkapnya. 

Menurutnya, PPKM Mikro yang saat ini dijalankan dan dikuatkan dengan aplikasi smart Bondowoso benar-benar  bisa melakukan pencegahan. 

Karena, bisa memantau gerak warga hingga di komunitas masyarakat terkecil yakni RT. 

Mengingat, bukan hanya melakukan pemantauan terhadap pasien terkonfirmasi. Namun, juga pemantauan secara disiplin terhadap warga yang melintas di sekitar RT. 

"Sehingga virus ini tidak keluar. Cukup terfokus di seputaran RT saja

Sementara itu Kapolres Bondowoso, AKBP Erick Frendriz mengaku apresiasi atas realisasi PPKM Mikro yang benar-benar jalan di salah satu RT di Desa Klabang ini. 

" Saya berharap Posko PPKM yang lain pun bukan hanya ada saja. Bukan hanya yang penting membuat saja. Tapi juga benar-benar menjalankan protokol sebagaimana seharusnya," pungkasnya. (san/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00