Jembatan Antar Dusun Putus, Akses Warga Kukusan Lumpuh

Jembatan Antar Dusun Desa Kukusan Kecamatan Kendit, Situbondo, ambruk pada Minggu (28/2/2021) (Foto Diana Arista)

KBRN, Situbondo : Akses menuju Dusun Putus ke Dusun Krajan Desa Kukusan Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, lumpuh total, setelah jembatan penghubung ambruk, pada Minggu (28/2/2021) sekitar pukul 04.00 WIB. 

Menurut keterangan salah seorang warga, Anwar Marzuki, jembatan dengan panjang 15 meter itu ambruk pagi tadi. Sebelum ambruk, kondisi jembatan memang retak di bagian ujung.

"Memang sudah retak sekitar dua bulan yang lalu. Dan mobil memang sudah dilarang melintas, hanya roda dua saja," ujarnya kepada RRI, di lokasi bencana.

Ia berharap, jembatan segera diperbaiki, karena merupakan akses warga Kukusan menuju lahan persawahan mereka, dan ke beberapa tempat untuk menopang kebutuhan hidup mereka.

"Semoga bisa segera diperbaiki, karena kalau lewat jalan pintas, jauh dan hanya bisa dilewati roda dua saja," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kukusan, Yuprianto, mengaku hawatir dengan kondisi jembatan, karena kondisi pondasi berlubang, akibat tergerus arus sungai. Apalagi selama musim hujan, debit sungai meningkat. 

"Pondasinya memang sudah berlubang, karena tergerus air sungai," tegasnya.

Ia juga berharap, jembatan segera diperbaiki, sebab ada sekitar 800 jiwa yang tinggal di Dusun Putus Utara dan Putus Selatan, yang saat ini aksesnya lumpuh akibat jembatan ambruk.

"Semoga dapat perhatian dan segera dibangun, sehingga aktivitas warga Kukusan kembali normal," ujarnya. (Din/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00